Beranda » Artikel » Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut, Marine Chemicals yang Wajib Anda Tahu

Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut, Marine Chemicals yang Wajib Anda Tahu

Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut

Artikel

Bagaimana cara mengatasi tumpahan minyak di laut yang paling efektif dan efisien serta tidak mencemari lingkungan ya? Yuk baca artikel berikut ini sampai tuntas! 

Cara Mengatasi Tumpahan Minyak di Laut  

Ada dua caranya, yaitu menggunakan peralatan atau chemical khusus (marine chemicals) yang aplikasinya dengan metode tertentu. Penggunaan chemical merupakan cara mengatasi tumpahan minyak di laut berdasarkan kuantitas minyak dan luas area, mulai dari ukuran kecil (manual atau backpack sprayer), sedang-luas (hose), luas (tugboat) hingga sangat luas (plane). 

Peralatan

  • Oil Boom 
  • Oil Skimmer 
  • Oil Absorbent 

Alat-alat yang efektif untuk mengambil serta menahan tumpahan segala jenis minyak agar tidak menyebar luas. Namun, cara mengatasi tumpahan minyak memakai peralatan tidak pas untuk area berukuran luas dan bercuaca buruk. 

Marine Chemicals 

  • EonSpill 820
    Cocok untuk jenis minyak biodiesel B20, B30, Crude Palm Oil (CPO) dan minyak bumi (petroleum). 

  • EonSpill 257
    Mampu menangani segala jenis minyak bumi (petroleum).

  • EonSpill 500
    Untuk menangani minyak bumi (petroleum), aplikasinya sangat efisien sehingga lebih hemat. 

Marine chemicals tersebut berfungsi untuk mendispersi minyak tumpah di area kecil hingga luas pada segala cuaca. Adanya biodegradasi serta ombak sebagai agitasi dapat semakin memudahkan cara mengatasi tumpahan minyak di laut mengunakan chemical. Mari kita bahas lebih lanjut satu dari ketiga chemical tersebut yang konsumsinya paling ekonomis. 

EonSpill 500
Penggunaan Oil Spill Dispersant (OSD) dari Eonchemicals ini adalah salah satu cara mengatasi tumpahan minyak di laut yang dapat bekerja secara cepat dan memiliki sifat emulsi yang stabil. Chemicalnya tidak teregistrasi golongan B3, memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi serta direkomendasikan oleh Ditjen Migas. 

Biodegradable dan aman sehingga mengurangi dampak tumpahan minyak di laut, seperti menyelamatkan ekosistem terumbu karang serta biota laut lainnya. Selain itu, mampu mencegah terjadinya potensi kebakaran kelas B akibat adanya tumpahan minyak. 

Penggunaan chemical untuk solusi tumpahan minyak di laut ini tidak cepat boros karena memiliki Dispersant to Oil Ratio (DOR) hingga 1:20. DOR adalah perbandingan bagian OSD dan bagian minyak yang akan didispersi. Artinya, 1 bagian EonSpill 500 bisa mendispersi 20 bagian minyak. Lebih irit bukan? 

Lihat Marine Chemicals Catalogue untuk mendapatkan info selengkapnya

OSD ini juga dapat berfungsi untuk membersihkan minyak yang menempel pada batu-batuan atau peralatan juga loh. Sangat efektif dan efisien untuk diaplikasikan di industri maritim atau marine industry. Silakan hubungi WhatsApp kami untuk konsultasi gratis mengenai cara mengatasi tumpahan minyak di laut dan air tawar.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait