Beranda » Artikel » Boiler Feed Water – Syarat, Pengolahan & Sumber

Boiler Feed Water – Syarat, Pengolahan & Sumber

Boiler feed water adalah

Artikel

Boiler feed water adalah air yang digunakan untuk umpan boiler. Boiler adalah alat yang dapat menghasilkan uap (panas) untuk berbagai keperluan dalam sebuah inustri. Boiler harus dijaga agar efisiensinya cukup tinggi. Oleh sebab itu, kualitas air yang diumpankan (feed water) harus memenuhi standard.

Persyaratan Feed Water

  • Air tidak boleh membentuk kerak atau endapan yang membahayakan
  • Air bebas dari zat-zat yang dapat menyebabkan korosi
  • Air tidak boleh mengakibatkan terjadinya carry over
feedwater boiler data2

Pengolahan

1. Pengolahan Eksternal
Pengolahan eksternal adalah proses menghilangkan kesadahan dan partikel-partikel asing dalam air. Pengolahan ini  berupa pemberian kimia atau  pengolahan yang bersifat mekanis yang dilakukan terhadap air sebelum air masuk ke dalam boiler. Tujuan pengolahan ini adalah menghilangkan zat-zat padat yang terkandung di dalam air, menghilangkan gas-gas korosif, menghilangkan zat-zat yang larut dan membahayakan boiler.

2. Pengolahan Internal
Pengolahan internal adalah treatment air boiler dengan bahan kimia, atau sering disebut dengan boiler chemical yang bertujuan agar korosi dan pengerakan dapat dihindari serta kemurnian uap terjaga dengan baik.

Sumber Feed Water

1. Air Sumur
Umumnya air sumur banyak mengandung Total Suspended Solid (TSS) dan mineral-mineral terlarut yang tergabung dalam Total Dissolved Solid (TDS) sehingga bila akan digunakan sebagai feedwater boiler maka harus dianalisa dan ditreatment terlebih dahulu.

2. Air PDAM
Bila dilihat dan dianalisa secara kimiawi, air PDAM ini masih mengandung Ca, Mg dan chlorine yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa Ca & Mg adalah sumber utama pembentukan kerak. Sedangkan chlorine bersifat korosif sekali terhadap logam besi. Bila akan digunakan untuk feedwater boiler, biasanya dilakukan pretreatment terlebih dahulu seperti carbon filter untuk menghilangkan chlorine serta  water softener untuk  menghilangkan hardness (kandungan Ca, Mg).

3. Air Permukaan
Air sungai ataupun air danau juga dapat digunakan untuk feed water boiler. Air ini pada umumnya mempunyai kandungan mineral yang rendah, tetapi memiliki kandungan TSS yang tinggi, serta pH yang tidak stabil. Maka jika air ini akan digunakan sebagai boiler feed water sebaiknya di analisa terlebih dahulu dan lakukan pretreatment yang tepat.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.