Beranda » Artikel » Cara Mencegah Korosi pada Logam dan Beton karena Paparan Bahan Kimia Korosif

Cara Mencegah Korosi pada Logam dan Beton karena Paparan Bahan Kimia Korosif

cara mencegah korosi

Artikel

Bahan kimia yang bersifat korosif banyak digunakan untuk mendukung proses pada berbagai industri. Hal ini menyebabkan kerusakan pada logam maupun beton yang banyak dipakai untuk bangunan industri dan peralatanya. Bagaimana cara mencegah korosi pada logam dan beton karena bahan kimia korosif untuk menghindari kerugian yang serius? Baca solusinya di sini!

Bahan kimia korosif dapat bersifat asam, oksidator atau basa. Misalnya asam sulfat, nitrat, klorida, asetat, natrium hidroksida, formalin, amonia dan lainnya.

Efek bahan kimia korosif pada beton mengakibatkan beton menjadi lembab atau basah yang lambat laun akan terbentuk retakan-retakan dan akhirnya terjadi spalling (pengelupasan pada permukaan beton). Bahan kimia korosif seperti asam , dapat melarutkan lapisan CaCO3 di permukaan beton serta bereaksi di dalam beton membentuk garam kapur yang mudah larut dalam air. Itulah mengapa cara mencegah korosi pada beton perlu dikaji.

korosi pada beton
Efek bahan kimia korosif pada beton / concrete

Pada material logam, bahan kimia korosif dapat mempercepat terjadinya korosi. Ini terjadi karena material preventive (coating) yang digunakan untuk menahan laju korosi logam atau metal menjadi rusak dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Selanjutnya, sifat asam atau basa dari bahan kimia akan menjadi katalis atau pemercepat terjadinya reaksi korosi pada logam.

coating anti karat terkelupas
Coating yang tidak tahan bahan kimia mudah rusak pada lingkungan korosif
korosi logam besi
Efek bahan kimia korosif pada logam

Cara mencegah korosi pada logam dan beton yang paling efektif adalah menggunakan coating yang tahan bahan kimia korosif. Ini bukan coating biasa!

Memenuhi kebutuhan ini, EonCoat 864 hadir sebagai varian high solid coating epoxy yang memiliki ketahan khusus terhadap bahan kimia yang sangat korosif. Beberapa fitur dan benefitnya adalah:

  • Dapat diaplikasikan pada permukaan logam / metal dan beton
  • Daya tahan yang kuat terhadap berbagai jenis bahan kimia korosif khususnya H2SO4 konsentrasi tinggi
  • Mudah diaplikasikan, karena tidak perlu menggunakan lapisan primer
  • Melindungi substate dan menahan reaksi korosi pada logam akibat pengaruh bahan kimia korosif

Adapun untuk bahan kimia yang tingkat korosifitasnya tidak terlalu tinggi, dapat diatasi dengan menggunakan EonCoat 551 dan EonCoat 570 untuk cara mencegah korosi tersebut.

tes perendaman coating
cara mencegah korosi logam dan beton dari bahan kimia korosif
Test perendaman EonCoat dalam beberapa jenis bahan kimia korosif, hasil memuaskan

Informasi lebih lanjut mengenai cara mencegah korosi pada logam dan beton dengan menggunakan specialty coating yang tahan bahan kimia yang sangat korosif silakan chat dengan tenaga ahlli kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.