Beranda » Artikel » Cara Penyimpanan Bahan Kimia yang Mesti Anda Perhatikan

Cara Penyimpanan Bahan Kimia yang Mesti Anda Perhatikan

cara penyimpanan bahan kimia

Artikel

Penyimpanan chemical atau bahan kimia yang tepat sangat penting untuk memastikan keselamatan manusia dan lingkungan. Lakukanlah dengan benar untuk menghindari kecelakaan yang merugikan. Penyimpanan yang tidak benar dapat menyebabkan kebakaran, ledakan, keracunan dan korosi. Berikut adalah cara penyimpanan bahan kimia yang mesti Anda perhatikan.

Pilihlah tempat penyimpanan yang tepat

Tempat penyimpanan harus dipilih dengan hati-hati. Tempat tersebut harus memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan, terlindungi dari sinar matahari langsung dan tidak terkena suhu ekstrem. Pilihlah rak atau kabinet yang tahan api dan kokoh.

Identifikasi bahan kimia

Pastikan Anda mengidentifikasi bahan kimia dengan tepat dan memahami sifat dan bahaya bahan kimia tersebut. Pastikan Anda mengikuti petunjuk MSDS (Material Safety Data Sheet) dan memastikan bahwa bahan kimia disimpan sesuai dengan saran MSDS.

Label dan penandaan yang jelas

Pastikan semua yang disimpan memiliki label dan penandaan yang jelas dan mudah dibaca. Label harus mencakup informasi yang mencakup nama bahan kimia, tanggal pembuatan, tanggal kadaluarsa dan tanda bahaya. Pastikan Anda menggunakan label yang sesuai dan mengikuti peraturan dan standar yang berlaku.

Penyimpanan terpisah

Cara penyimpanan bahan kimia yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah memastikan chemicals yang tidak cocok ditempatkan secara terpisah. Hindari bahan yang mudah terbakar atau bersifat korosif dekat dengan bahan kimia yang mudah terbakar atau korosif juga. Hindari juga penyimpanan bahan kimia yang bersifat oksidator dekat dengan yang mudah terbakar.

Lindungi dari suhu tinggi dan rendah

Pastikan Anda menyimpannya pada suhu yang tepat. Jangan biarkan bahan kimia terkena suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Suhu disesuaikan dengan persyaratan penyimpanan bahan kimia tersebut.

Jangan menumpuk bahan kimia

Jangan disimpan dengan cara menumpuk satu sama lain untuk mencegah kerusakan atau kebocoran. Gunakan rak yang kuat sebagai batas antar wadah bahan kimia. Pastikan Anda memposisikannya dengan benar agar tidak tergoyahkan atau jatuh.

Pemeriksaan berkala

Pastikan Anda melakukan pemeriksaan berkala. Label dan penandaan pada bahan kimia masih jelas dan mudah dibaca. Pastikan juga bahan kimia tidak kadaluarsa atau mengalami kerusakan. Bahan kimia yang sudah kadaluarsa harus dibuang dengan benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Konsultasi cara penyimpanan bahan kimia lebih lanjut silakan chat via WhatsApp dengan kami, Eonchemicals selaku perusahaan specialty chemicals Indonesia yang mengutamakan solusi.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.