Beranda » Artikel » Pelumas yang Bagus Apa Saja Cirinya?

Pelumas yang Bagus Apa Saja Cirinya?

pelumas yang bagus dan terbaik

Artikel

Lubricant atau pelumas yang bagus sangat dibutuhkan untuk menjaga kinerja mesin agar tetap optimal. Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi gesekan antara dua permukaan logam yang bersinggungan satu sama lain. Juga untuk mencegah terjadinya keausan pada permukaan logam. Selain itu, juga berfungsi untuk menyerap panas dan menghilangkan kotoran atau endapan yang terbentuk selama proses pengoperasian mesin.
Dalam memilih pelumas terbaik untuk mesin, terdapat beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Viskositas yang Sesuai
Viskositas merupakan salah satu parameter penting. Viskositas yang tepat dapat membantu lubricant menahan beban dan gesekan serta memperpanjang umur mesin. Pelumas yang bagus tidak terlalu kental, karena dapat menyebabkan mesin sulit bergerak. Sebaliknya, terlalu encer dapat meningkatkan keausan pada mesin. Oleh karena itu, pelumas yang bagus adalah yang memiliki viskositas sesuai dengan spesifikasi mesin. Silakan konsultasikan kebutuhan Anda dengan Eonchemicals untuk masalah ini.

Daya Anti Karat yang Baik
Korosi atau karat dapat merusak mesin dan mengurangi kinerjanya. Pelumas yang baik harus memiliki daya anti-karat yang tinggi agar mesin terlindungi dari korosi atau karat.

Kemampuan Menahan Panas
Pelumas yang bagus harus mampu menahan suhu tinggi dan tidak mudah terbakar. Dengan demikian dapat membantu mendinginkan mesin dan mencegah terjadinya kerusakan akibat panas yang berlebihan.

Stabilitas Oksidasi yang Baik
Pelumas yang stabil terhadap oksidasi akan memperpanjang masa pakai mesin. Stabilitas oksidasi mengacu pada kemampuan untuk mempertahankan sifatnya dalam jangka waktu yang lama dan tidak terurai oleh oksigen.

Kemampuan Membersihkan Mesin
Pelumas yang bagus juga harus memiliki kemampuan membersihkan mesin dan mencegah terbentuknya endapan atau kotoran yang dapat merusak mesin. Hal ini akan membantu menjaga performa mesin dan memperpanjang masa pakai mesin.

Kompatibilitas yang Baik
Ciri selanjutnya, harus cocok dengan bahan-bahan yang digunakan dalam mesin. Pastikan untuk memilih pelumas yang kompatibel dengan mesin agar tidak terjadi kerusakan atau kegagalan mesin.

Kesimpulannya, memilih pelumas yang bagus sangat penting untuk menjaga kinerja mesin agar tetap optimal. Ciri-cirinya, viskositas sesuai spesifikasi mesin, daya anti-karat yang baik, kemampuan menahan panas, stabilitas oksidasi yang baik, kemampuan membersihkan mesin dan kompatibilitas yang baik dengan mesin.

Untuk mendapatkan pelumas yang bagus, sesuai dengan kebutuhan mesin Anda silakan konsultasikan dengan kami via WA yang tersedia.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.