Beranda » Artikel » Karakter Demulsifier yang Cocok untuk Desalter

Karakter Demulsifier yang Cocok untuk Desalter

contoh demulsifier untuk desalter

Artikel

EONBREAK DM 9647 adalah contoh demulsifier yang dapat bekerja dengan baik untuk desalter. Chemical pemecah emulsi ini pernah diuji coba di Desalter Pertamina RU VII Kasim, kabupaten Sorong. Dengan dosis di bawah incumbent, EONBREAK DM 9647 mampu menghasilkan water content, salt content dan BS&W (Basic Sediment & Water) yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari kestabilan performancenya. Sedangkan oil content yang dihasilkan jauh lebih baik dari incumbent. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata delta hasil dari tiap parameter.

Salah satu kunci keberhasilannya adalah, saat membuat formula demulsifier melibatkan contoh demulsifier yang dipakai di lapangan (incumbent demulsifer) sebagai rujukan performance.

Fungsi Desalter
Desalter adalah unit proses untuk menghilangkan atau mengurangi kandungan garam  yang terdapat pada crude oil sebelum masuk proses distilasi. Jika kandungan garam tidak dihilangkan atau dikurangi hingga batas aman, maka unit proses distilasi akan rusak karena terjadi korosi. Proses penanganan garam pada desalter menggunakan air untuk melarutkan garam yang terdapat di dalam crude oil.

Dengan penambahan air, maka akan terbentuk emulsi yang dapat menimbulkan masalah meningkatnya Basic Sediment & Water (BS&W) dan oil content. Untuk mencegah terjadinya emulsi pada desalter, maka harus ada treatment demulsifier yang cocok. Bagi yang ingin memahami prinsip kerja desalter lebih detail, silakan temukan artikelnya di situs ini.

Karakteristik emulsi ditentukan oleh jenis crude oil yang dapat dilihat dari data viskositas, densitas dan konten parafinnya. Pada beberapa Recovery Unit (RU), biasanya crude yang diolah berasal dari berbagai jenis minyak. Namun di RU VII, minyak yang diolah hanya berasal dari WMCO (Walio Mix Crude Oil).

EONBREAK DM 9647 sebagai contoh demulsifier yang baik untuk desalter, formulasinya digarap dengan uji teknik yang disebut dengan demulsifier bottle test. Uji tersebut harus memperhatikan karakter demulsifier yang sesuai untuk kebutuhan lapangan. Adapun karakter demulsifier yang cocok digunakan untuk desalter adalah sebagai berikut:

Very fast water drop
Retention time pada desalter sangat cepat, biasanya hanya hitungan menit (3-5 menit) sehingga dibutuhkan demulsifier yang mampu memisahkan air dengan sangat cepat (very fast water drop).

Good water clarity (clean water)
Pada desalter, fresh water yang ditambahkan kemudian akan keluar sebagai effluent dengan standar oil content maksimal 500 ppm, sehingga membutuhkan demulsifier mampu menghasilkan air bersih (clean water).

Sharp interface
Karena sistem monitoring interface air dan minyak di dalam desalter dilakukan secara otomatis, maka perlu demulsifier yang mampu menghasilkan batas air-minyak yang tajam dan rata (sharp interface). Hal ini untuk mempermudah pengaturan dan kontrol level interface air dan minyak.

Hasil uji formula demulsifier seperti terlihat pada gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa formula demulsifier pada botol ke-2 dari kanan adalah formula yang paling cocok untuk desalter karena memenuhi ketiga kriteria di atas.

Setiap lapangan memiliki jenis minyak yang berbeda sehingga oilfield chemicals demulsifier yang baik untuk sebuah tempat, belum tentu baik untuk tempat lain. Namun demikian, secara prinsip EONBREAK DM 9647 dapat dijadikan contoh demulsifier untuk desalter karena komponen penyusunnya memiliki karakter tersebut di atas.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.