Beranda » Artikel » Dampak Tumpahan Minyak di Laut dan Cara Penanganannya yang Tepat

Dampak Tumpahan Minyak di Laut dan Cara Penanganannya yang Tepat

dampak tumpahan minyak di laut

Artikel

Tumpahan minyak yang membawa pengaruh buruk bagi lingkungan bisa terjadi karena banyak faktor. Misalnya, pipa atau tangki yang di dalamnya berisi minyak mengalami kebocoran, drum penyimpanan minyak jatuh kemudian tidak sengaja terbuka, overhaul dan lain-lain. Dampak tumpahan minyak di laut maupun di darat harus segera diatasi dengan cara yang tepat dan cepat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Insiden minyak yang tumpah memungkinkan terjadi di berbagai tempat. Contoh kejadian tumpahan minyak di darat yaitu di jalan, sekitar pelabuhan, area kerja seperti kantor atau pabrik. Adapun yang tergolong tumpahan minyak di laut atau perairan misalnya di dermaga, tepi atau tengah laut, dan sungai.

Peristiwa tumpahan minyak pada kedua tempat tersebut tentu mempunyai efek yang berbahaya di lingkungan sekitarnya. Namun, kali ini kami hanya akan membahas dampak tumpahan minyak di laut saja beserta solusi untuk menanggulanginya. Mari baca artikel berikut sampai habis untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Dampak Tumpahan Minyak di Laut

  • Pencemaran lingkungan di perairan darat maupun laut
  • Kematian makhluk hidup yang berada di air, baik hewan maupun tumbuhan
  • Lingkungan sekitar menjadi licin
  • Berpotensi terjadinya kebakaran kelas B

Cara Mengatasi Pencemaran Air Laut Akibat Tumpahan Minyak

  1. Untuk Minyak Bumi (Petroleum) Gunakan EonSpill 500, oil spill dispersant (OSD) dari Eonchemicals sebagai solusi tumpahan minyak di laut. Dapat digunakan untuk berbagai jenis minyak bumi. Penggunaannya aman karena biodegradable serta nonflammable. Chemical ini juga mempunyai toksisitas yang sangat rendah terhadap ikan, binatang laut dan tanaman pantai.
  1. Untuk Biofuel & CPO Gunakan EonSpill 820, biofuel OSD yang berbasis air dari Eonchemicals. Bahan kimia pendispersi ini efektif untuk menangani dampak tumpahan minyak di laut seperti biofuel atau biodiesel B20, B30 dan crude palm oil (CPO). Eonspill 820 juga efektif untuk menangani tumpahan minyak bumi (petroleum).

Pemakaian EonSpill 500 dan EonSpill 820 sangat efisien dengan dosis 1:50. Artinya, satu bagian OSD dan 50 bagian air. Selain itu, memiliki dispersant to oil ratio (DOR) hingga 1:20. Dengan kata lain, satu bagian OSD dapat mendispersi 20 bagian minyak. Konsumsi chemicalnya lebih ekonomis, kan?

| Baca artikel sebelumnya: Perawatan Sistem Pendingin dan Solusi untuk Low Power Mesin Kapal

Cara mencegah terjadinya dampak tumpahan minyak di laut menggunakan kedua chemical ini punya banyak kegunaan. Fungsi utamanya yaitu mendispersi minyak dengan kuat serta dapat bekerja secara cepat. Selain itu, memiliki sifat dispersi yang stabil sehingga mampu mempertahankan dispersi minyak di dalam air laut maupun air tawar.

Silakan hubungi WhatsApp kami untuk konsultasi gratis mengenai solusi dari dampak tumpahan minyak di laut menggunakan marine chemical yang tepat. Aplikasinya cocok untuk digunakan pada industri kelautan atau marine ind

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait