Beranda » Artikel » Perawatan Sistem Pendingin dan Solusi untuk Low Power Mesin Kapal

Perawatan Sistem Pendingin dan Solusi untuk Low Power Mesin Kapal

Perawatan Sistem Pendingin Kapal

Artikel

Kapal yang berlayar di lautan umumnya berfungsi sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang maupun manusia. Jadwal maintenance yang teratur merupakan suatu hal penting demi menjaga kesehatan mesin agar dapat terus berjalan dengan baik. Perawatan sistem pendingin mesin seperti apa yang digunakan pada kapal Anda? Sudahkah memakai radiator coolant yang sesuai? Selain itu, apakah kapal Anda sering mengalami low power akibat memakai bahan bakar biosolar B30/B35? Bagaimana cara menangani hal tersebut ya? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai masalah-masalah mesin kapal yang biasanya terjadi beserta solusinya. Simak artikel berikut ini yuk!

Perawatan Sistem Pendingin Mesin Kapal

RadCool 400 adalah ekstra konsentrat coolant radiator terbaik dari Eonchemicals untuk perawatan sistem pendingin air siklus tertutup pada kapal. Berfungsi sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya korosi, kavitasi, oksidasi, endapan dan fouling. Selain itu, produk marine chemical ini juga dapat menjaga kondisi mesin supaya tetap bersih serta mampu menekan biaya pemeliharaan kapal Anda.

Berbasis nitrit atau nitrite based dengan dosis pemakaian 1:32. Artinya, satu bagian RadCool 400 dan 32 bagian air. Oleh karena itu, radiator coolant ini memiliki perpindahan panas (heat transfer) yang sangat baik. Mengandung corrosion inhibitor sehingga penggunaannya efektif untuk jenis metal steel, cast iron juga metal alumunium.

Tahukah Anda, kadar pemakaian nitrit yang terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai masalah? Masalahnya yaitu terjadi korosi yang berlebih, terbentuknya endapan, risiko overheating pada mesin meningkat, segel dan selang rusak. Selain itu, kadar pemakaian nitrit yang terlalu sedikit juga dapat mengakibatkan adanya korosi kavitasi, korosi umum serta lifetime coolant pendek.

Bukan hanya umur pemakaian radiator coolant saja yang dapat menurun karena dosis pemakaian untuk perawatan sistem pendingin tidak sesuai. Namun, kekuatan mesin kapal pun juga bisa menurun (low power) akibat berbagai faktor. Maka dari itu, mari kita meninjau akar permasalahannya dan cari tahu cara mengatasi masalah tersebut secara bersama-sama.

Masalah dan Solusi untuk Low Power Mesin Kapal

Penyebab utama performa bahan bakar pada mesin kapal menurun (low power) adalah filter yang tersumbat dan adanya deposit pada injektor. EonFuel 708 hadir sebagai fuel additive sekaligus fuel dispersant untuk mencegah low power pada mesin kapal saat menggunakan biodiesel B30/B35.

| Rekomendasi cat kapal dari Eonchemicals dapat Anda temukan dalam tautan ini.

Selain itu, fungsi lainnya dari EonFuel 708 yaitu sebagai berikut.

  • Menurunkan partikel content atau cleanliness sebanyak lebih dari 50%
  • Membersihkan deposit yang terdapat pada injektor
  • Meningkatkan angka cetane hingga 1-3 poin
  • Memberikan stabilitas oksidasi untuk mencegah adanya deposit

| Info terkait artikel ini dapat Anda baca di Radiator Coolant GreenCool 488

Silakan hubungi WhatsApp kami untuk konsultasi gratis mengenai perawatan sistem pendingin dan cara yang tepat untuk mengatasi masalah low power pada mesin kapal Anda. Cocok untuk aplikasi di industri perkapalan atau marine ind

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait