Beranda » Artikel » Dissolved Oxygen dan Perhitungan Dosis Injeksi Oxygen Scavenger

Dissolved Oxygen dan Perhitungan Dosis Injeksi Oxygen Scavenger

alat untuk mengukur oksigen terlarut

Artikel

Dissolved oxygen adalah oksigen yang terlarut dalam air. Biasanya diukur dalam satuan ppm (part per million) atau ppb (part per billion). Karena oksigen merupakan gas yang dapat menyebabkan terjadinya korosi, maka semakin tinggi nilai dissolved oxygen (DO), berarti semakin tinggi pula potensi terjadinya korosi di sistem tersebut.

Oil reservoir secara alami tidak mengandung oksigen. Adanya oksigen dalam oil field dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya:

  • Terbukanya annulus
  • Gas kompresor bocor
  • Seal pompa tidak berfungsi

Oksigen dapat menyebabkan korosi lebih berbahaya dibandingkan korosi akibat CO2 dan H2S. Solusi untuk mengatasi adanya oksigen, Anda bisa menggunakan oxygen scavanger.

Oxgen Scavenger

Oxgen Scavenger adalah bahan kimia yang berfungsi untuk menangkap oksigen terlarut dalam air / dissolved oxygen sehingga potensi bahaya korosi yang dipicu oleh oksigen dapat dikurangi, bahkan ditiadakan. Pemakaiannya dengan cara injeksi secara terus menerus ke dalam air.

Oxygen scavenger ada yang berbentuk cair ada juga yang powder. Bahan kimia ini termasuk dalam kategori oilfield chemicals dan boiler chemical karena sering digunakan dalam industri oil & gas dan juga digunakan untuk treatment air umpan boiler. Adapun untuk mengontrol dosis yang diinjeksikan, dapat dilihat dari kandungan sulfit dalam air yang sudah diinjek bahan kimia tersebut.

Dosis untuk Menurunkan Dissolved Oxygen

Perlu diketahui bahwa chemical Oxygen Scavenger (OS) menghilangkan atau menurunkan kadar DO secara stoikiometris. Berdasarkan reaksi kimia, setiap 10 bagian OS (bahan aktif 45.5 % berat) akan menghilangkan 1 bagian DO (Ref.:Production Chemical for the Oil and Gas Industry by Malcolm A Kelland. 2009).

Rumus Perhitungan Dosis OS

dissolved oxygen dan dosis os

Contoh Perhitungan

Pada sistem fluida air dengan produksi 5000 BWPD (Barrel Water Per Day) diketaui nilai dissolved oxgen (DO) sebesar 5 ppm. Adapun requirement kadar DO di tempat tersebut adalah 25 ppb.

Berdasarkan data tersebut, maka dosis Oxygen Scavenger (ppm) yang diperlukan adalah sebagai berikut:

dissolve oksigen scavenger hitungan

Dengan demikian, untuk menurunkan kadar dissolved oxygen dari 5 ppm menjadi 25 ppb dibutuhkan dosis injeksi Oxygen Scavenger sebesar 49,75 ppm.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.