Beranda » Artikel » Grease Wire Rope yang Bagus, Tahan Lama untuk Kawat Baja Anda

Grease Wire Rope yang Bagus, Tahan Lama untuk Kawat Baja Anda

pelumas grease wire rope lubricant eon chemicals

Artikel

Ini adalah rekomendasi grease wire rope Eonchemicals agar wire rope tidak cepat cepat putus. Wire rope atau kawat baja adalah salah satu komponen penting untuk berbagai kebutuhan seperti lift, industri oil & gas, perkapalan dan sebagainya. Fungsi utama wire rope adalah sebagai rigging, yaitu alat yang digunakan untuk memindahkan alat berat dari satu tempat ke tempat lain. Wire rope ini berbentuk seperti tali baja namun dengan susunan kawat baja berpilin sehinga terbentuk strand. Pilinan kawat baja atau strand ini kemudian disusun hingga membentuk susunan tali kawat baja yang kuat. Dengan susunan yang sedemikian rupa, tidak heran bila wire rope banyak digunakan untuk pekerjaan dengan menggunakan alat berat.

Masalah umum wire rope
Dengan penggunaanya yang berat, wire rope perlu dirawat dengan baik agar bagian inti kawat tidak mudah rusak atau aus. Masalah yang umum terjadi adalah karat, aus sehingga wire rope cepat putus. Penumpukan debu dan kotoran juga menjadi penyebab kerusakan pada wire rope. Umumnya wire rope sudah dilengkapi dengan grease atau pelumas agar bisa berfungsi dengan baik. Namun seiring waktu minyak pelumas bisa habis dan kering sehingga menyebabkan wire rope tidak berfungsi dengan maksimal.

Masalah lain adalah penggunaan grease atau pelumas yang tidak tepat seperti oli bekas atau oli biasa. Oli bekas memiliki residu dan tingkat keasaman tinggi sehingga bisa menyebabkan wire rope cepat berkarat. Penggunaan minyak pelumas yang tidak tepat bisa merusak wire rope karena pelumas tidak melapisi kawat dengan menyeluruh. Oleh karena itu sangat penting mengguanakn grease wire rope yang tepat untuk menjaga keawetan kawat baja, yaitu EonWire 230 Wire Rope Lubricant.

pelumas grease wire rope eon chemicals
Data Teknis EonWire 230

Apa itu grease wire rope?
Grease wire rope adalah jenis minyak pelumas khusus yang diformulasikan untuk melindungi wire rope. Minyak pelumas sangat penting untuk melindungi wire rope agar tidak mudah aus karena gesekan. Berbeda dengan minyak pelumas mesin pada umumnya, pelumas yang digunakan untuk wire rope ini lebih encer. Tingkat kekentalan pada minyak pelumas wire rope ini diukur dengan standar NGL yang dibuat oleh National Grease Lubrication Institute. Untuk grease wire rope yang tepat adalah NGL 000 yang berbentuk cair sehingga bisa meresap dengan baik hingga ke bagian dalam kawat.

grease wire rope eon chemicals

Kegunaan grease wire rope
Minyak pelumas pada wire rope ini sangat penting untuk menjaga kawat agar selalu dalam kondisi baik. Biasanya kawat baja perlu diberi minyak pelumas dalam jangka waktu tertentu dan juga dibersihkan dari debu dan kotoran. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan minyak pelumas untuk wire rope.

  • Tahan gesekan
    Kawat baja yang kering akan mudah rusak ketika digunakan karena gesekan dengan komponen yang lain. Agar kerja kawat tidak terlalu berat, maka perlu menggunakan grease wire rope untuk mengurangi panas akibat gesekan. Hasilnya kawat baja akan lebih tahan lama dan tidak mudah aus.
  • Anti karat
    Kawat baja sangat mungkin bersentuhan langsung dengan komponen atau bahan yang mudah berkarat. Sehingga minyak pelumas digunakan untuk melindungi permukaan kawat agar tidak mudah berkarat.

Penggunaan minyak pelumas industri bisa bervariasi tergantung dengan beban kerja alat yang digunakan. Semakin sering digunakan, kawat baja perlu perawatan yang lebih ekstra. Selain itu, jumlah minyak pelumas atau oli yang harus digunakan juga tergantung dengan frekuensi perawatan, ukuran kawat dan faktor lain.

Selanjutnya, silakan baca artikel terkait tentang pelumas untuk bearing rekomendasi Eonchemicals. Info lebih detail tentang grease wire rope EonWire 230 dengan chat via WA.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.