Beranda » Artikel » Grinding Fluid EonTrim E9010 dan 7 Keunggulannya, Nomor 3 Auto Tingkatkan Profit Industri Anda!

Grinding Fluid EonTrim E9010 dan 7 Keunggulannya, Nomor 3 Auto Tingkatkan Profit Industri Anda!

grinding fluid dan cutting fluid

Artikel

Coba Anda bayangkan jika dalam proses pemotongan dan penggerindaan logam tidak menggunakan cutting & grinding fluid (coolant) dengan tepat, apa yang akan terjadi? Hal tersebut tentu akan mengakibatkan berbagai masalah bukan? Contohnya seperti masalah chips, bakteri, jamur, eksim, tramp oil, seal, residu, busa, cat, karat, boros dalam pemakaian dan lain-lain.

Oleh karena itu, pada saat melakukan proses tersebut alangkah baiknya menggunakan coolant dengan tepat agar terhindar dari masalah dan kerugian. Fungsi coolant pada umumnya adalah mendinginkan serta melumasi permukaan antara part dan tool. Namun, ternyata Eonchemicals memiliki produk coolant dengan berbagai macam keunggulan, yakni EonTrim E9010.

Baca artikel tentang cara Mengatasi Berbagai Coolant Problem di website ini

EonTrim E9010
EonTrim E9010 merupakan sejenis cutting & grinding fluid concentrate atau konsentrat cairan untuk proses pemotongan dan penggerindaan logam berupa emulsi yang kadar oilnya sebesar 50 persen. Coolant ini dapat digunakan pada logam yang mengandung unsur besi (ferrous) dan logam yang tidak mengandung unsur besi (nonferrous).

Cutting & grinding fluid EonTrim E9010 memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  • Cairan konsentrat berwarna biru
  • Berbau ringan
  • Specific gravity 0,975
  • Memiliki pH 9
  • Residu oily
  • Refractive index 1,0

7 Keunggulan Grinding Fluid EonTrim E9010

Coolant ini dapat melumasi permukaan secara maksimal sehingga sangat membantu pekerjaan machining center yang berat, dapat membasahi serta mendinginkan pada proses pembubutan dan penggerindaan berkecepatan tinggi. Selain itu, keunggulan lainnya dari EonTrim E9010 yaitu sebagai berikut.

  1. Memiliki kandungan aditif berupa extreme pressure (EP)
    Aditif EP berfungsi untuk mengontrol built-up edge (BUE). Chips yang melekat pada tool dapat mengakibatkan bentuk dan ukuran tool mengalami perubahan.
  2. Memiliki rentang aplikasi yang luas
    Grinding fluid ini cocok untuk berbagai jenis operasi, seperti produksi, surface atau centerless grinding, heavy duty broaching, gear hobbing dan dapat menggantikan straight oil pada beberapa screw machine.
  3. Memiliki ukuran partikel yang halus, kecil dan stabil
    Dapat mengurangi carry off dan cairan lebih mudah menembus ke titik pemotongan. Coolant dengan carry off yang rendah merupakan penyumbang cost saving terbesar sehingga otomatis dapat meningkatkan profit industri lho!
  4. Menolak tramp oil
    Adanya sifat grinding fluid EonTrim E9010 yang dapat menolak tramp oil, maka akan sangat memudahkan proses recycling sehingga dapat memperpanjang umur coolant.
  5. Residu tidak lengket
    Dengan demikian, tidak terjadi kemacetan pada chuck, tool holder dan fixture.
  6. Residu sangat mudah dibersihkan
    Anda dapat membersihkannya dengan air, coolant atau cleaner air. Adanya residu yang menumpuk dapat menimbulkan masalah, misalnya terdapat gangguan pada dial calipers.
  7. Recyclable
    Cutting & grinding fluid ini mudah didaur ulang atau dibuang menggunakan teknik serta alat yang konvensional sehingga ramah lingkungan.

Sebelum baca lebih lanjut, yuk simak cara mengatasi bau pada coolant metalworking fluid.

Nah, itu dia 7 keunggulan cutting & grinding fluid dari Eonchemicals yang fungsinya tidak hanya sebagai pelumas, pembasah dan pendingin saja seperti coolant pada umumnya. Beberapa keunggulan dari coolant ini memang dapat menghemat biaya Anda, khususnya keunggulan nomor 3 seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Semoga artikel ini dapat memberikan solusi untuk meningkatkan profit industri Anda. Silakan hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi gratis seputar EonTrim E9010.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.