Beranda » Artikel » Proses Pickling secara Batch atau Continuous dengan Acid Corrosion Inhibitor Terbaik

Proses Pickling secara Batch atau Continuous dengan Acid Corrosion Inhibitor Terbaik

Artikel

Proses pickling merupakan bagian penting dalam industri galvanizing. Material logam yang merupakan bahan baku utama pada industri galvanizing mudah mengalami korosi selama penyimpanan. Korosi ini dapat mengganggu proses selanjutnya, karena lapisan galvanis tidak menempel pada permukaan logam yang terdapat karat.

Seperti halnya pada industri baja, pickling di sini juga menggunakan larutan asam klorida (HCl) untuk mengikis permukaan logam yang mengalami korosi. Silakan baca artikel tentang problem pickling untuk info lebih lanjut.

Proses pickling dapat dilakukan secara berkelanjutan (continuous) atau bertahap (batch), sesuai dengan sistem produksi pada industri galvanizing. Continuous pickling line dilakukan pada material rolling coil untuk menghasilkan galvanized steel coil. Sedangkan sistem batch pickling biasanya dilakukan pada rolling coil yang sudah dibentuk sebelumnya menjadi pipa atau lainnya dan setelahnya baru dilakukan pelapisan galvanis.

batch dan continuous pickling
Proses pickling industri galvanizing
https://youtu.be/Qe_D_W3j7rc
Video Continuous Pickling
https://youtu.be/jBoBdfVymJo
Video Batch Pickling

EonCor W203 merupakan acid corrosion inhibitor yang berfungsi sebagai pencegah korosi / karat yang diakibatkan oleh asam. Produk anti karat ini dapat digunakan pada proses pickling continuous atau batch. Manfaat pemakaian EonCor W203 selama proses ini adalah:

  • Mencegah over pickle selama continuous pickling
    Over pickle menyebabkan penipisan ekstrim pada satu bagian dari material strip steel akibat efek korosif asam pickling yang cukup tinggi selama continuous pickling. Hal ini meningkatkan risiko putus pada strip steel dan mengganggu proses selanjutnya.
  • Mengurangi paparan uap asam
    Uap asam pickling menyebabkan material logam lain seperti pada peralatan dan struktur bangunan yang ada di sekitar area pickling menjadi mudah rapuh akibat korosi asam.
  • Mengurangi kehilangan bobot
    Penjualan material logam dilakukan berdasarkan bobotnya. Kehilangan bobot logam (%weight loss) yang terlalu besar selama proses pickling harus dikurangi, agar tidak terjadi kerugian besar yang semestinya tidak terjadi.
  • Optimasi dan efisiensi pemakaian
    Konsentrasi pemakaian EonCor W203 hanya 0,1% dari volume HCl pekat yang digunakan untuk pickling.
Efektifitas pickling
Perbandingan % weight loss logam setelah proses pickling
Hasil akhir
Perbandingan tampak permukaan logam setelah pickling

Silakan baca artikel tentang cara picking pipa untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Dari data di atas, terbukti bahwa EonCor W203 lebih efektif dan efisien. Dengan menggunakan konsentrasi yang jauh lebih sedikit, % weigh lost-nya bisa lebih kecil dibanding produk lain serta tampak permukaan logamnya lebih rata.

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang proses pickling dan pemakaian acid corrosion inhibitor untuk hasil terbaik, silakan hubungi kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.