Beranda » Artikel » Tramp Oil Terminator, Solusi untuk Reduksi Biaya Coolant Anda

Tramp Oil Terminator, Solusi untuk Reduksi Biaya Coolant Anda

tramp oil terminator

Artikel

Tramp Oil Terminator (TOT) adalah alat untuk memisahkan tramp oil dari larutan metalworking fluids atau coolant. Dengan penggunaan TOT, coolant menjadi bersih, dan kualitasnya kembali sama dengan coolant yang masih fresh.

Tramp oil adalah oil yang berasal dari mesin CNC yang bocor dan bercampur dengan coolant sehingga menjadi kontaminan. Tramp oil ada 3 jenis, yaitu: (1) Free tramp oil, yang terapung di permukaan coolant (2) Dispersed tramp oil, yang telah terdispersi dalam coolant, dan (3) Emulsified tramp oil, yang telah teremulsi dalam coolant dan tidak bisa memisah secara gravitasi normal.

Tramp oil memiliki dampak buruk yang besar dan luas. Keberadaannya dapat memicu pertumbuhan bakteri yang lebih lanjut menimbulkan bau busuk dan masalah karat bagi mesin CNC, bagi peralatan maupun benda kerja. Tramp oil membuat umur coolant lebih pendek, kualitasnya menurun dan pengukuran konsentrasinya tidak akurat. Dengan demikian, adanya tramp oil membuat pemakaian coolant lebih boros (biaya operasional naik), dan jumlah produk gagal bertambah.

Karena alasan-alasan itulah, tramp oil harus dibuang atau dipisahkan dari coolant / cutting fluid agar tidak merugikan.

Tramp Oil Terminator (TOT) vs Oil Skimmer

tramp oil skimmer

TOT lebih baik dibanding oil skimmer, karena mampu membersihkan semua jenis tramp oil (free tramp oil, dispersed tramp oil, serta emulsified tramp oil).

Adapun oil skimmer hanya efektif untuk membersihkan free tramp oil saja, tidak efektif untuk membersihkan dispersed dan emulsified tramp oil.

Oil Skimmer membersihkan free tramp oil dengan cara menangkapnya dengan belt (sabuk) yang bergerak seperti menyapu. Sedangkan TOT prinsip kerjanya seperti centrifuge.

5 Manfaat Penting Tramp Oil Terminator

  1. Mengurangi konsumsi coolant harian (reducing cost)
  2. Meningkatkan umur coolant
  3. Menghilangkan masalah-masalah yang terjadi di lapangan, seperti: karat, bau, mesin kotor, coolant lengket, konsumsi coolant berlebih & tool cepat rusak
  4. Mengurangi limbah secara keseluruhan
  5. Mengurangi penggunaan man power dan down time akibat proses pengurasan

Spesifikasi Tramp Oil Terminator yang Umum Dipakai

  • Flow rate : 3,8 – 7,6 liter/menit
  • Speed : 10.000 rpm
  • G force : 6500 gs
  • Power : 380 V, 3phase AC, 1,3 kW, 5A
  • Air Pressure : 100 psi

Kesimpulan: Tramp oil terminator lebih efektif karena dapat mengatasi semua jenis tramp oil, dan dapat menghemat biaya coolant.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.