Beranda » Artikel » Uji Kualitas Biodiesel dengan Cleanliness Test

Uji Kualitas Biodiesel dengan Cleanliness Test

Artikel

Salah satu masalah biodiesel adalah adanya kandungan partikel pengotor yang berdampak buruk. Bagaimana cara menguji untuk melihat tingkat kebersihannya? Yuk, kita mengenal lebih dalam tentang uji kualitas biodiesel dengan cleanliness test yang mengacu pada ISO 4406 untuk mengetahui tingkat kebersihan biodiesel.

Uji cleanliness ISO 4406 adalah uji dengan metode standar internasional yang digunakan untuk mengukur dan mengklasifikasikan tingkat kebersihan fluida, khususnya oli hidrolik dan bahan bakar diesel, termasuk biodiesel atau biosolar. Metode ini memberikan kode kebersihan yang didasarkan pada jumlah dan ukuran partikel kontaminan yang terdapat dalam sampel fluida. Kode yang dihasilkan dari uji kualitas biodiesel dengan metode ini membantu dalam menilai kualitas dan kemurnian fluida serta mengidentifikasi potensi masalah yang dapat mempengaruhi performa dan umur panjang peralatan atau mesin.

Uji cleanliness ISO 4406 dilakukan dengan menghitung jumlah partikel dalam ukuran berbeda yang terdapat dalam satu mililiter fluida. Biasanya, partikel yang dihitung memiliki ukuran lebih besar dari 4 mikron (µm), 6 mikron (µm) dan 14 mikron (µm).

Kode kebersihan ISO 4406 diwakili oleh tiga angka, misalnya 18/16/13, di mana setiap angka mewakili konsentrasi partikel dalam fluida pada ukuran yang berbeda. Angka pertama mengacu pada jumlah partikel lebih besar dari 4 mikron, angka kedua untuk partikel lebih besar dari 6 mikron dan angka ketiga untuk partikel lebih besar dari 14 mikron.

Uji kualitas biodiesel dengan metode cleanliness test ini penting dalam industri hidrolik dan otomotif, karena memungkinkan pemantauan kualitas fluida yang krusial untuk memastikan keandalan dan efisiensi peralatan hidrolik dan mesin. Kode kebersihan yang lebih rendah (yaitu dengan jumlah partikel yang lebih kecil) menandakan kualitas fluida yang lebih tinggi dan sebaliknya.

18/16/13 adalah kode standard kebersihan partikel solar yang biasa digunakan spesifik pada sistem fuel atau bahan bakar. Kode tersebut merupakan besaran atau kandungan yang bisa ditoleransi untuk partikel solar masuk ke ruang bakar.

Standar ISO 4406 mengukur jumlah partikel pada solar dengan ukuran 4 µm, 6 µm dan 14 µm. Uji kebersihan solar ISO 4406 dilakukan dengan menggunakan alat uji yang disebut dengan patch test kit. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan filter untuk menangkap partikel dan kemudian dianalisis untuk menentukan jumlah partikel yang terkandung dalam solar. Solar yang terkontaminasi dengan partikel dapat menyebabkan pengurangan kinerja mesin diesel dan bahkan kerusakan pada mesin diesel. Inilah pentingnya dilakukan uji kualitas biodiesel.

Penulisan hasil 18/16/13 memiliki arti pengujian dilakukan pada variasi pori-pori atau ukuran filter 4 µm, 6 µm dan 14 µm. Berikut penjelasan nya:

uji kualitas biodiesel atau biosolar
ISO Code & Ukuran Parikel
  • Angka 18 : ukuran filter 4 µm jumlah partikel 1.300 – 2.500 partikel count
  • Angka 16 : ukuran filter 6 µm jumlah partikel 320 – 640 partikel count
  • Angka 13 : ukuran filter 14 µm jumlah partikel 40 – 80 partikel count

Kebersihan solar penting untuk dijaga agar mesin diesel dapat beroperasi dengan baik dan mencegah kerusakan mesin diesel yang dapat mengakibatkan biaya yang tinggi.

Salah satu cara kimiawi untuk menjaga kebersihan dan menurunkan partikel pengotor pada solar adalah menggunakan fuel additive EonFuel 708, yang memiliki salah satu fitur memecah partikel pengotor menjadi bagian terkecil.

Adapun yang dapat dilakukan secara mekanis untuk menjaga kebersihan solar adalah dengan melakukan pemantauan rutin terhadap kualitas solar yang digunakan dengan melakukan uji kebersihan secara berkala dan melakukan pembersihan tangki penyimpanan solar secara rutin.

Jika ada pertanyaan seputar uji kualitas biodiesel dan chemicals EonFuel 708 sebagai solusi untuk problem biodiesel silakan chat dengan kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.