Beranda » Solusi » Bottle Washing, Filling & Capping Integrated Machines

Bottle Washing, Filling & Capping Integrated Machines

Bottle Washing, Filling & Capping Integrated Machines

Solusi

Ini adalah mesin yang menggabungkan tiga proses utama untk pencucian botol, pengisian dan penutupannya. Mesin ini sangat berguna dalam industri minuman, untuk memastikan proses pengemasan yang efisien, higienis, dan konsisten.

Keuntungan utama menggunakan mesin terintegrasi ini adalah efisiensi tinggi, pengurangan risiko kontaminasi, konsistensi produk, dan penghematan ruang produksi. Namun demikian, tentu saja ada beberapa problem yang perlu diperhatikan dan ditangani dengan baik, yaitu:

Problem: Cycle Time CIP Panjang

Cleaning in Place (CIP) adalah proses pembersihan otomatis yang dilakukan tanpa membongkar peralatan. Adapun cycle time CIP adalah total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu siklus penuh pada proses CIP.

Jika cycle time CIP panjang, maka waktu produksi berkurang, sehingga menurunkan output keseluruhan. Biaya operasional menjadi lebih tinggi, karena membutuhkan lebih banyak air, bahan kimia, dan energi, yang dapat meningkatkan biaya operasional.

Solusi: EON CIP Series

EON CIP Series adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, karena memiliki fitur dan benefit sebagai berikut:

  • Halal dan food grade
    Dengan menggunakan EON CIP, maka produk Anda telah memenuhi satu syarat penting agar menjadi idola para konsumen
  • Pembersihan yang efektif
    EON CIP menggunakan bahan pembersih yang sangat efektif untuk menghilangkan residu dan kontaminan dengan cepat.
  • Hemat waktu
    Pembersihan yang efektif dapat mengurangi cycle time CIP secara signifikan.
  • Memiliki banyak varian
    EON CIP series memiliki banyak varian sesuai fungsi khasnya, sehingga Anda dapat memilih varian yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
Free Konsultasi

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan varian yang paling cocok dengan masalah Anda, silakan chat WA dengan kami.

Problem: Kontaminasi Mikrobiologis

Kontaminasi mikrobiologis pada mesin bottle washing, filling & capping integrated terjadi akibat proses pencucian yang tidak efektif, lingkungan produksi yang tidak steril, peralatan yang tidak bersih, air yang terkontaminasi, kualitas bahan baku yang buruk, dan sistem CIP yang tidak efisien.

Kontaminasi ini dapat menyebabkan penurunan kualitas produk, risiko kesehatan bagi konsumen, penarikan produk, kerugian finansial, dan sanksi regulasi, yang semuanya berdampak negatif pada reputasi dan operasional perusahaan.

Solusi: EON Sanitizing Series

EON Sanitizing menjadi solusi yang tepat untuk masalah kontaminasi mikrobiologis pada mesin bottle washing, filling & capping integrated karena beberapa alasan sebagai berikut:

  • Efektivitas tinggi
    EON Sanitizing memiliki formulasi yang dirancang khusus untuk membunuh berbagai jenis mikroorganisme dengan efisien.
  • Waktu kontak singkat
    EON Sanitizing bekerja dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan metode sanitasi tradisional, sehingga mengurangi downtime dan meningkatkan efisiensi produksi.
  • Keamanan dan regulasi
    Produk ini memenuhi standar keamanan dan regulasi industri, memastikan bahwa proses sanitasi tidak hanya efektif tetapi juga aman bagi karyawan dan lingkungan.
  • Aplikasinya mudah
    EON Sanitizing dirancang untuk kemudahan dalam aplikasinya
  • Solusi komprehensif
    Dengan menggabungkan efektivitas, kecepatan, dan kemudahan aplikasi, EON Sanitizing menawarkan solusi yang komprehensif untuk mengatasi dan mencegah kontaminasi mikrobiologis pada mesin Anda.

Silakan hubungi tenaga ahli kami untuk informasi lebih lanjut.

Problem: Botol Mengandung Kontaminan

Problem ini dapat terjadi ketika botol tidak dibersihkan secara menyeluruh sebelum proses pengisian dan penutupan. Kontaminan ini bisa berupa partikel fisik, residu kimia, atau mikroorganisme yang tertinggal di dalam botol.

Penyebab utama masalah ini meliputi proses pencucian yang tidak efektif, air pencucian yang terkontaminasi, serta peralatan dan lingkungan produksi yang tidak steril. Kontaminasi pada botol dapat menyebabkan penurunan kualitas produk, risiko kesehatan bagi konsumen, dan potensi kerugian finansial serta reputasi bagi perusahaan.

Solusi: EON WashBrite 330

Merupakan liquid alkaline cleaner for polycarbonate bottle. Bahan kimia cair, diformulasikan khusus dengan alkali pilihan dan surfaktan yang unik. Produk ini memiliki daya bersih sangat baik dan tingkat foaming yang rendah, cocok untuk membersihkan botol polikarbonat di industri food & beverages.

  • WashBrite 330 memiliki kemampuan pembersihan yang baik berkat formulasi alkali khusus dan surfaktan unik
  • Dapat menghilangkan kotoran dengan cepat dan memiliki daya bilas yang sangat baik
    Mengandung surfaktan dengan busa rendah, cocok untuk daerah air lunak dan keras (soft & hard water)
  • Kompatibel dengan berbagai material yang umumnya digunakan di industri makanan dan minuman, seperti plastik dan karet
  • Aman untuk material besi, perlu hati-hati pada aluminium dan seng untuk menghindari terkikisnya material tersebut.
Cara Aplikasi

Gunakan Eon WashBrite 330 pada konsentrasi 0,2% hingga 1% untuk membersihkan botol atau gallon berbahan polikarbonat. Atur suhu larutan antara 55 – 65 C untuk hasil terbaik.

Konsultasikan dengan tenaga ahli kami via chat WhatsApp sekarang juga!

Problem: Stain/Kerak pada Peralatan

Problem stain atau kerak pada peralatan mesin bottle washing, filling & capping integrated disebabkan oleh endapan mineral, sisa produk, atau bahan kimia yang menempel dan mengeras pada permukaan mesin. Hal ini dapat terjadi karena air yang digunakan mengandung mineral tinggi, penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai, atau proses pembersihan yang tidak efektif.

Stain atau kerak yang terbentuk dapat mengganggu kinerja mesin, menurunkan kualitas produk, dan meningkatkan risiko kontaminasi. Endapan ini juga bisa menyebabkan korosi dan kerusakan pada komponen mesin, mengakibatkan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi dan potensi downtime produksi yang lebih lama.

Solusi: EonBright 353

Merupakan stainless weld cleaner, brightener, descaling & pickling. Produk pembersih yang diformulasikan untuk membersihkan stain/kerak las dan mencerahkan permukaan material stainless steel. Juga diformulasikan untuk proses descaling dan pickling pada material stainless steel.

Fitur dan Benefit
  • Berfungsi sebagai pembersih stain/kerak dan pickling
  • Tidak terlalu korosif dan aman untuk semua jenis logam
  • Berfungsi sebagai penghilang karat

Silakan chat dengan klik tombol icon WA untuk konsultasi lebih lanjut.

Problem: Periode Regreasing yang Singkat

Periode regreasing atau interval regreasing adalah lamanya waktu untuk melakukan pemberian grease ulang. Periode regreasing yang singkat tentu menyebabkan pemborosan grease dan biaya pengadaannya. Perlu lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengerjakannya. Waktu henti operasi atau downtime juga meningkat.

Banyak orang memilih grease yang lebiih murah, tapi ternyata periode regreasingnya lebih singkat sehingga justru lebih tidak hemat.

Solusi: LE Lubricant Series

LE Lubricant dapat dijadikan solusi untuk masalah regreasing yang singkat karena beberapa alasan berikut ini:

  • Durability
    LE Lubricant memiliki formulasi yang dirancang untuk ketahanan lebih lama, sehingga periode regreasing atau interval regreasingnya lebih lama
  • High performance
    Pelumas unggul untuk mengurangi gesekan dan keausan pada komponen mesin
  • Contaminant resistance
    Memiliki kemampuan untuk menahan kontaminasi dari air, debu, dan bahan kimia, menjaga performa pelumasan lebih lama.
  • Thermal stability
    Stabil pada berbagai suhu operasional, memastikan perlindungan optimal dalam kondisi kerja yang beragam, sehingga mengurangi kebutuhan untuk regreasing yang sering.
  • Cost efficiency
    Dengan memperpanjang interval regreasing, LE Lubricant membantu mengurangi biaya pemeliharaan dan downtime produksi, meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.
  • Improved equipment lifespan
    Penggunaan LE Lubricant dapat meningkatkan umur pakai komponen mesin, karena pelumas ini melindungi dengan lebih efektif dari keausan dan korosi.

Eonchemicals adalah agen resmi untuk LE Lubricant (Lubrication Engineers) di Indonesia, menjamin kualitas dan keaslian serta menyediakan tenaga ahli pelumasan. Silakan hubungi WA kami untuk konsultasi gratis, sekarang!

Problem: Grease/Oil pada Rantai Mengkontaminasi Produk

Problem ini terjadi ketika pelumas yang digunakan pada rantai terlepas dan masuk ke dalam area produksi. Hal ini bisa disebabkan karena pelumas tidak tahan panas, sehingga meleleh. Atau karena pelumas yang digunakan tidak cocok untuk aplikasi pada rantai yang bergerak relatif cepat.

Kontaminasi ini dapat merusak kualitas produk, menyebabkan produk harus ditarik atau dibuang, dan menimbulkan risiko kesehatan bagi konsumen. Selain itu, kontaminasi pelumas pada produk dapat menyebabkan penurunan kepercayaan konsumen dan kerugian finansial bagi perusahaan.

Solusi: Molykote AFC Series

Molykote AFC dapat dijadikan solusi untuk masalah grease/oil pada rantai yang mengkontaminasi produk karena beberapa alasan berikut:

  • Tahan panas
    Molykote AFC memiliki formulasi yang tahan panas, mencegah pelumas meleleh dan terlepas dari rantai ke area produksi
  • Pelumas khusus
    Sangat cocok untuk aplikasi pada part yang bergerak cepat, memastikan pelumasan yang optimal tanpa risiko kontaminasi.
  • Stabilitas Kimia
    Molykote AFC memiliki stabilitas kimia tinggi, menjaga performa pelumasan dalam berbagai kondisi operasional tanpa terdegradasi.
  • Efisiensi operasional
    Penggunaan Molykote AFC dapat mengurangi frekuensi perawatan dan downtime, meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya pemeliharaan.

Eonchemicals adalah agen resmi pelumas Molykote di Indonesia, menjamin kualitas dan keaslian serta menyediakan tenaga ahli pelumasan. Silakan chat WhatsApp untuk free konsultasi.

Problem: Botol Jatuh Saat di Konveyor

Botol yang jatuh dapat menyebabkan kerusakan produk, meningkatkan jumlah produk yang harus dibuang, dan mengganggu alur produksi. Selain itu, masalah ini juga dapat menyebabkan downtime untuk membersihkan dan memperbaiki kerusakan, serta berpotensi meningkatkan biaya operasional dan mengurangi efisiensi produksi.

Solusi: EonDryLube 805

Merupakan dry lubricant emulsion based, yaitu pelumas kering berbasis emulsi yang diformulasikan khusus untuk aplikasi pada modular conveyor. Produk ini dapat digunakan pada konveyor minuman kemasan untuk meminimalisir friksi, mengurangi penggunaan air hingga 90%, dan mengurangi kemungkinan botol jatuh saat berada di conveyor.

  • Metode aplikasi
    Disarankan menggunakan automatic spray system untuk hasil terbaik.
  • Persetujuan food grade
    Memiliki sertifikasi NSF H1 untuk pelumas kering dan Halal MUI.
  • Jenis konveyor yang cocok
    Plastik, stainless steel, transfer kaleng, in-floor chain, dan mixed belt.
  • Jenis kemasan yang cocok
    PET (Polyethylene Terephthalate), REF PET, jerigen PC (Polikarbonat), kaca, kaleng, dan karton.

Silakan chat WhatsApp kami untuk konsultasi gratis atau informasi lebih lanjut tentang EonDryLube 805.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA