Beranda » Solusi » Demin Plant Equipment

Demin Plant Equipment

Problem Demin Plant Equipment

Solusi

Demin plant equipment pada industri kelapa sawit adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan air demineralisasi atau air murni dengan menghilangkan ion-ion mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, dan ion lainnya dari air proses. Proses demineralisasi ini dilakukan melalui proses pertukaran ion menggunakan resin kation dan anion yang mampu mengikat ion-ion tersebut dan menghasilkan air yang sangat murni dengan kadar mineral yang sangat rendah.

Air demineralisasi yang dihasilkan sangat penting dalam berbagai tahapan produksi di industri kelapa sawit, karena memastikan kualitas air yang sesuai dengan standar yang diperlukan untuk mengoptimalkan proses produksi dan menjaga keawetan peralatan.

Adapun problem-problem yang biasa terjadi dan solusinya adalah sebagai berikut.

1. Problem: Kelolosan Hardness

Problem kelolosan hardness pada demin plant equipment terjadi ketika resin kation yang digunakan untuk menghilangkan ion kalsium dan magnesium dari air proses mengalami kejenuhan, sehingga tidak lagi efektif dalam pertukaran ion.

Hal ini menyebabkan ion-ion kalsium dan magnesium tetap berada dalam air yang mengalir melalui demin plant. Lebih lanjut dapat menyebabkan pembentukan kerak pada peralatan dan pipa. Dampaknya adalah berkurangnya efisiensi operasional, peningkatan biaya perawatan, dan risiko kerusakan pada peralatan dalam industri kelapa sawit.

Solusi 1: EonResin Kation

EonResin Kation merupakan pilihan yang tepat sebagai solusi dalam mengatasi masalah kelolosan hardness pada peralatan demin plant. Resin ini memiliki kemampuan regenerasi yang bagus, mampu bertukar ion dengan efisien. Dalam proses regenerasi, EonResin Kation menggantikan ion kalsium dan magnesium yang terjebak dalam air dengan ion natrium, memastikan kualitas air tetap lunak.

Dengan EonResin Kation, Anda dapat mengoptimalkan operasional peralatan, mengurangi risiko pembentukan kerak pada peralatan dan pipa, serta menjaga air proses tetap berkualitas tinggi. Resin ini juga membantu mengurangi downtime untuk regenerasi, menghemat biaya perawatan, dan mengurangi frekuensi penggantian resin secara berkala.

Untuk diskusi lebih lanjut tentang solusi ini, silakan hubungi kami melalui WhatsApp.

Solusi 2: Cleaning Resin

Setelah demin plant equipment Anda menggunakan EonResin Kation, langkah solusi berikutnya adalah melakukan pembersihan resin secara berkala. Proses pembersihan ini penting untuk mengembalikan kemampuan resin dalam menghilangkan ion kalsium dan magnesium secara efektif.

Ketika resin mengalami kejenuhan, pembersihan dilakukan dengan menggunakan larutan khusus yang dapat melepaskan ion-ion yang menempel pada permukaan resin. Hal ini membantu memulihkan kapasitas pertukaran ion resin ke tingkat optimal, sehingga resin dapat kembali bekerja efisien dalam proses pengolahan air.

Pembersihan resin secara berkala juga memperpanjang umur pakai resin. Dengan menjaga kebersihan dan kinerja optimal resin, proses penghilangan hardness dari air proses dapat berjalan konsisten tanpa gangguan akibat kejenuhan resin.

Solusi 3: Pelatihan dari Engineer EON

Engineer Eonchemicals siap memberikan pelatihan untuk tim Anda. Para peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang prinsip dan teknik optimasi terkait dengan penggunaan chemicals.

Dengan pemahaman yang baik tentang cara kerja dan pemeliharaan peralatan, serta aplikasi chemicals yang tepat, maka tim Anda dapat mengidentifikasi masalah lebih cepat dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah atau mengatasi kelolosan hardness secara efektif.

Gunakan kesempatan ini dengan baik, Silakan hubungi kami untuk mengajukan jadwal pelatihan atau melakukan konsultasi gratis mengenai masalah di industri Anda.

2. Problem: Kelolosan Silica

Problem kelolosan silica pada peralatan demin plant terjadi ketika proses demineralisasi tidak mampu menghilangkan silica secara efektif, sehingga silica tetap berada dalam air yang telah diproses. Akumulasi silica ini dapat menyebabkan pembentukan kerak pada peralatan dan pipa, mengurangi efisiensi operasional, serta meningkatkan risiko kerusakan peralatan.

Beberapa solusi komprehensif dari Eonchemicals meliputi:

Solusi 1: EonResin Anion

Eon Resin Anion dapat dijadikan solusi untuk masalah kelolosan silica pada demin plant equipment karena resin ini dirancang khusus untuk memiliki kemampuan tinggi dalam menukar ion, termasuk ion silicat. Resin anion ini bekerja dengan mengikat ion silicat yang terdapat dalam air proses, menggantikannya dengan ion lain, seperti ion hidroksida, sehingga silica dapat dihilangkan dari air dengan lebih efektif.

Kemampuan pertukaran ion yang tinggi pada Eon Resin Anion memastikan bahwa silica yang biasanya sulit dihilangkan dapat disaring dengan lebih efisien, sehingga mengurangi risiko pembentukan kerak pada peralatan dan pipa.

Solusi 2: Cleaning Resin

Cleaning ini bertujuan untuk menghilangkan penumpukan silika dan kontaminan lain yang menempel pada permukaan resin, sehingga dapat memulihkan kapasitas pertukaran ionnya. Dengan menggunakan larutan pembersih khusus, pencucian resin dapat membongkar ikatan silika yang terakumulasi, memastikan resin tetap bekerja optimal dalam menghilangkan silika dari air proses.

Solusi 3: Pelatihan dari Engineer EON

Eonchemicals siap memberikan pelatihan sesuai kebutuhan Anda, dengan memberikan pemahaman lebih baik tentang prinsip dan teknik optimasi yang efektif terkait penggunaan bahan kimia. Tim Anda dapat lebih cepat mengidentifikasi dan mengatasi problem. Untuk jadwal pelatihan atau konsultasi gratis seputar masalah industri Anda, silakan hubungi kami via chat WhatsApp.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA