Beranda » Solusi » Pasteurise | Coconut Milk

Pasteurise | Coconut Milk

Solusi

Pasteurise atau pasteurisasi adalah proses pemanasan yang digunakan dalam industri makanan untuk menghilangkan mikroorganisme patogen dari produk seperti santan. Proses ini melibatkan pemanasan cepat pada suhu tertentu, biasanya sekitar 70-80 derajat Celsius untuk beberapa detik, diikuti dengan pendinginan cepat.

Tujuan pasteurisasi pada santan adalah untuk memperpanjang umur simpan, meningkatkan keamanan pangan dengan mengurangi risiko penyakit terkait makanan, serta mempertahankan kualitas organoleptik seperti rasa dan tekstur.

Temukan solusinya jika Anda memiliki problem-problem berikut ini:

1. Problem: Steam Tidak Stabil

Masalah yang sering terjadi dalam proses pasteurisasi santan adalah ketidakstabilan uap (steam) yang digunakan sebagai sumber panas. Ketidakstabilan ini dapat mengakibatkan variasi suhu yang tidak diinginkan selama proses pasteurisasi. Pada gilirannya dapat mempengaruhi efektivitas proses dalam mematikan mikroorganisme patogen.

Pengendalian yang ketat terhadap boiler selaku penghasil steam selama proses pasteurisasi sangat penting untuk menjaga keamanan pangan dan memenuhi standar sanitasi yang ditetapkan.

Solusi: Eon Boiler Chemicals

Eon Boiler Chemicals merupakan solusi yang cocok untuk mengatasi masalah ketidakstabilan uap (steam) dalam proses pasteurisasi santan di industri makanan. Produk ini dirancang khusus untuk menjaga stabilitas dan kualitas uap yang digunakan sebagai sumber panas dalam boiler.

Dengan formulasi yang tepat, Eon Boiler Chemicals dapat membantu mengoptimalkan kinerja boiler dengan mengurangi pembentukan kerak dan meningkatkan efisiensi pemanasan, sehingga menghasilkan uap dengan suhu yang konsisten dan stabil.

Penggunaan Eon Boiler Chemicals juga membantu mencegah korosi dan mengurangi kerugian energi, sehingga memastikan bahwa proses pasteurisasi santan berjalan efektif dan efisien, dengan memenuhi standar sanitasi dan keamanan pangan yang ketat.

2. Problem: Residu Mineral dan Produuk Sulit Dibersihkan

Masalah lainnya yang kerap terjadi dalam unit pasteurisasi santan adalah adanya residu mineral dan produk yang sulit dibersihkan. Hal ini dapat terjadi karena sisa-sisa mineral dari air atau produk yang menempel pada permukaan peralatan pasteurisasi, seperti tabung atau pipa.

Residu ini tidak hanya mengganggu kualitas produk santan yang dihasilkan tetapi juga dapat mengurangi efisiensi operasional dan meningkatkan risiko kontaminasi.

Untuk mendapatkan solusi dengan aplikasi Eon CIP, silakan hubungi kami.

Solusi: Eon CIP

Eon CIP (Clean in Place) merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah residu mineral dan produk yang sulit dibersihkan dalam proses pasteurisasi santan di industri makanan. Produk solusi ini dirancang khusus untuk membersihkan dan menghilangkan sisa-sisa mineral serta produk yang menempel pada permukaan peralatan pasteurisasi, seperti tabung dan pipa.

Dengan formulasi yang paten, Eon CIP dapat melarutkan dan menghilangkan kerak mineral dengan cepat, menjaga kebersihan permukaan tanpa merusak peralatan. Penggunaan Eon CIP membantu pasteurisasi lebih optimal yang higienis, menghindari kontaminasi silang dan menjaga kualitas santan yang diproses.

Silakan hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA