Beranda » Artikel » Ceramic Epoxy Coating Solusi untuk Masalah Abrasi pada Transfer Chute

Ceramic Epoxy Coating Solusi untuk Masalah Abrasi pada Transfer Chute

Artikel

Ceramic epoxy coating adalah coating khusus yang berbahan dasar epoxy dengan butiran keramik di dalamnya. Produk ini dikhususkan untuk mencegah permasalahan abrasi pada substrate metal yang terkena tumbukan dari material abrasif seperti batu, pasir dan lain lain.

Pada beberapa industri seperti mining maupun power plant khususnya pembangkit listrik yang bersumber dari batu bara, sering kali mengalami permasalahan kebocoran karena material abrasif pada asset mereka. Salah satunya yaitu transfer chute. Transfer chute memiliki fungsi untuk memindahkan aliran material atau ore dari satu conveyor ke conveyor lainnya. Kebocoran pada transfer chute akan menyebabkan tumpahan material dan dibutuhkan waktu untuk membersihkan tumpahan material tersebut. Bagaimana ceramic epoxy coating dapat mengatasinya?

Kebocoran pada transfer chute juga akan merusak konstruksi transfer chute, sehingga akan menimbulkan kerugian produksi. Hal ini karena kerusakan pada transfer chute akan menghentikan laju produksi yang dimulai dari crusher hingga mencapai stock pile. Itulah pentingnya penggunaan ceramic epoxy coating.

Perlu dipahami bahwa rusaknya transfer chute didahului oleh keausan pada liner, sebuah komponen yang fungsinya untuk memproteksi dinding transfer chute. Untuk mengatasi permasalahan ini, pada umumnya customer akan menambal liner dengan metal yang dilas di atas permukaan dinding transfer chute. Cara ini tentunya membutuhkan peralatan yang rumit dan waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Eonchemicals memberikan solusi dengan Metbond 782, Ceramic Epoxy Coating yang efektif untuk menahan kerusakan metal akibat material abrasif. Aplikasinya tidak memerlukan alat yang rumit seperti pengelasan, sehingga lebih praktis. Produk ini berbeda dengan Metbond 581 yang diformulasikan khusus untuk menambal tangki bocor atau komponen metal lainnya.

Proses aplikasiannya, Metbond 782 cukup ditempelkan pada liner yang sudah berlubang maupun di dinding transfer chute. Berikut ini adalah fitur dan benefit Metbond 782:

ceramic epoxy coating anti abrasi
  • Merupakan coating khusus yang berbahan dasar epoxy, sehingga memiliki daya rekat yang sangat baik pada permukaan metal
  • Terdapat butiran keramik, sehingga mampu mencegah material metal mengalami abrasi maupun korosi akibat material abrasif
  • Memiliki ketahanan temperatur hingga 200 C
  • Tidak memerlukan listrik atau panas dalam aplikasinya
  • Lebih cepat, efektif dan efisien

Selanjutnya silakan baca artikel tentang epoxy lantai untuk menambah referensi. Konsultasi atau keterangan lebih lanjut tentang Metbond 782 epoxy ceramic coating atau jenis coating lainnya, silakan chat WA kami.

Artikel lain tentang coating pengeras lantai juga perlu dibaca untuk menambah wawasan, jika diperlukan.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.