Beranda » Artikel » Cat Epoxy Lantai, Fungsi dan Kelebihannya

Cat Epoxy Lantai, Fungsi dan Kelebihannya

cat epoxy lantai

Artikel

Memilih cat lantai memang butuh pertimbangan yang baik. Tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pilihlah cat yang memiliki berbagai keunggulan, dari mulai ketahanannya sampai perawatan yang dibutuhkan. Salah satu cat lantai yang memiliki berbagai kelebihan adalah cat epoxy lantai.

Fungsi Cat Epoxy
Cat yang satu ini memiliki kandungan jenis resin yang dihasilkan dari proses polimerisasi serta epoksida yang dapat berfungsi sebagai coating, bahan perekat, serta digunakan sebagai cat untuk berbagai macam material.

Dalam aplikasinya, bahan tersebut dicampur dengan bahan pengeras atau hardener. Tujuannya adalah untuk merubah sifat cair yang terdapat dari epoxy supaya menjadi padat. Dengan begitu, epoxy akan menjadi lebih kuat terhadap suhu yang tinggi serta dapat memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap reaksi kimia. Itulan alasan memilih cat epoxy lantai.

cat lantai epoxy

Epoxy sendiri dinilai memiliki ketahanan yang kuat. Karenanya sering digunakan untuk melapisi berbagai macam material. Mulai dari kayu, logam, lantai beton, baja, kaca, serta plastik sekalipun. Karena sifatnya yang tahan dan dapat digunakan diberbagai macam material, cat epoxy banyak dicari dan digunakan di berbagai industri. Selain ketahanan, cat ini juga memiliki proses pengaplikasian yang mudah serta biaya perawatan lantai yang lebih murah.

Kelebihan Cat Epoxy
Beberapa kelebihan cat epoxy antara lain adalah:

Dapat Menahan Beban
Penggunaan cat epoxy lantai ternyata dapat menahan beban yang tinggi dengan cukup baik. Oleh sebab itu, lantai menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak meskipun memiliki beban serta pergerakan yang dapat membuat lantai menjadi lebih cepat rapuh.

Lebih Tahan Terhadap Bahan Kimia
Masalah yang sering kali terjadi pada lantai bukan hanya noda saja, melainkan penggunaan bahan kimia. Permukaan lantai dapat rusak jika terus terkena bahan kimia. Namun, penggunaan cat epoxy dinilai dapat membuat lantai jauh lebih tahan terhadap bahan kimia tersebut.

Mudah dibersihkan
Noda yang berbekas pun akan lebih mudah dihilangkan karena Anda menggunakan cat tersebut. Ini juga yang menjadikan salah satu alasan mengapa cat epoxy lebih banyak dipilih. Dengan keunggulannya tersebut, Anda tak perlu terlalu repot untuk melakukan perawatan.

Ramah Lingkungan
Mungkin Anda bertanya, apakah cat ini aman untuk kesehatan? Apalagi bahan pembuatannya menggunakan bahan kimia. Tak perlu khawatir, cat epoxy lantai ternyata dibuat dengan bahan yang aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan. Ini yang Anda cari, bukan?

cat epoxy

Tidak Berbau Menyengat
Cat ini tidak memiliki bau menyengat sehingga Anda akan merasa nyaman. Tak hanya itu, ada pula beberapa cat epoxy yang dibuat dengan kandungan anti bakteri yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri tentunya. Dengan demikian, cat ini dapat mencegah adanya bau yang ditimbulkan oleh bakteri.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki cat epoxy lantai. Selanjutnya silakan baca artikel tentang cara memilih cat anti korosi. Untuk konsultasi lebih lanjut, silakan chat via tombol WA yang tersedia di bawah.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.