Beranda » Artikel » CIP Cleaner Food Grade dan Halal Berbasis Air Terbaik untuk Proses Pembersihan Clean in Place

CIP Cleaner Food Grade dan Halal Berbasis Air Terbaik untuk Proses Pembersihan Clean in Place

CIP Cleaner

Artikel

Kebersihan dan sanitasi merupakan hal yang perlu diperhatikan, khususnya pada proses produksi di food and beverage industry. Produsen harus menjamin keamanan pangan serta kehalalan produk agar tidak membahayakan kesehatan konsumen. Hadirnya clean in place atau CIP cleaner chemical yang food grade dan halal adalah solusi yang tepat untuk Anda. Simak artikel berikut ini yuk!

Memelihara kebersihan dan memastikan peralatan, fasilitas serta lingkungan produksi bebas dari mikroorganisme sangat penting mendapat perhatian secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian akibat produk reject yang dapat meningkatkan biaya produksi. Tak hanya itu, konsumen pun tidak akan mengalami keracunan makanan atau minuman.

Cara melakukan pembersihannya dapat berupa clean out place (COP) maupun clean in place (CIP) menggunakan COP and CIP cleaner berkualitas tinggi. Berdasarkan ISO/TS 22002-1:2018 Nomor 11 tentang Cleaning and Sanitizing, pada poin 11.4 tercantum bahwa sistem CIP harus dilaksanakan secara terpisah dari line produksi yang aktif. Selain itu, parameter cleaning harus ditentukan dan pantau.

Parameter cleaning pada proses clean in place (CIP):

  • Kualitas air
  • Kondisi welding
  • TACT (Time, Action, Concentration, Temperature)
  • Jenis kotoran
  • Jenis permukaan peralatan
  • Jenis bahan kimia / CIP cleaner chemical

Berdasarkan ISO/TS 22002-1:2018 Nomor 11.2 tentang Cleaning and Sanitizing Agents and Tools, bahan kimia pembersih harus teridentifikasi dengan jelas dan food grade. Kami merekomendasikan Anda CIP cleaner yang halal dan tersertifikasi food grade oleh National Sanitation Foundation (NSF) berikut ini.

Rekomendasi CIP Cleaner Bersertifikat Halal dan Food Grade

Eon CIP 101 (CIP Alkaline Cleaner)

  • Pembersih kotoran organik pada sistem CIP berbusa rendah
  • Dapat membersihkan lemak, minyak, grease dan protein sisa hasil produk
  • Berbasis air dengan pH basa
  • Sertifikat Halal No. LPPOM-00170111401220
  • Sertifikat NSF Nonfood Compound Kategori A2

Hasil Aplikasi Eon CIP 101
Berikut adalah hasil aplikasi CIP cleaner Eon CIP 101 yang mampu untuk membersihkan kotoran organik pada pipa tubular di suatu industri.

Hasil CIP Cleaner
Pipa tubular di perusahaan manufaktur saus

Eon CIP 200 (CIP Acid Cleaner)

  • Pembersih kotoran anorganik atau mineral pada sistem CIP berbusa rendah
  • Dapat membersihkan kerak air, karat dan kerak karamelisasi sisa hasil produk
  • Berbasis air dengan pH asam sehingga dapat berfungsi sebagai passivator permukaan stainless steel
  • Sertifikat Halal No. LPPOM-00170111401220
  • Sertifikat NSF Nonfood Compound Kategori A3

Hasil Aplikasi Eon CIP 200
Berikut adalah hasil aplikasi CIP cleaner Eon CIP 200 yang mampu untuk membersihkan kotoran anorganik mineral yang dapat berasal dari endapan mineral air maupun garam pada produk.

Kerak jalur piping
Kerak pada jalur piping di perusahaan manufaktur saus
Kerak Hasil CIP Cleaner heat exchanger
Kerak mineral atau scaling pada tubular hear exchanger

Sertifikat Halal dan Food Grade Eon CIP 101 dan Eon CIP 200

Kedua produk CIP cleaner ini telah mendapatkan sertifikat halal serta sertifikat food grade dari NSF Nonfood Compound kategori A2 dan A3. Hal tesebut dilakukan dalam rangka memenuhi regulasi yang mengatur Food Safety Management System ISO/TS 22000 terkait dengan pengunaaan jenis bahan chemical cleaner yang halal dan food grade. ISO/TS adalah singkatan dari International Organization for Standardization/Technical Specification.

Sertifikat Halal

Sertifikat Halal Eon CIP
http://www.halalmui.org/mui14/searchproduk/search?kategori=nama_produsen&katakunci=eonchemicals

National Sanitation Foundation (NSF) International merupakan standar persyaratan sanitasi dan keamanan pangan yang diakui secara internasional sehingga kualitas serta keamanan produk sudah terjamin. NSF Nonfood Compound kategori A2 adalah kategori kode produk pembersih untuk soank tank, steam atau mechanical cleaners, sedangkan kategori A3 adalah kategori produk acid cleaners.

Sertifikat NSF

Sertifikat NSF
http://info.nsf.org/usda/psnclistings.asp

Eonchemicals tidak hanya menawarkan produk berkualitas seperti CIP cleaner yang bersertifikat halal dan food grade. Namun, kami juga dapat membantu customer dalam melakukan proses validasi dan verifikasi cleaning di lapangan dengan menggunakan peralatan seperti Borescope dan ATP Test (EnSURE Touch).

Selain itu, kami juga dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan program CIP yang lebih baik sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien. Penggunaan Eon CIP 101 dan Eon CIP 200 mampu menghemat waktu karena terhindar dari downtime, hasil cleaning lebih bersih, konsumsi chemical tidak boros serta hemat energi.

Kedua CIP cleaner chemical ini terbukti ampuh untuk membersihkan kotoran organik maupun anorganik pada sistem CIP di industri makanan dan minuman. Silakan hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi gratis mengenai Eon CIP 101 dan Eon CIP 200.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.