Beranda » Artikel » Demulsifier Adalah Oilfield Chemicals Paling Krusial, Temukan Kunci Suksesnya di Sini!

Demulsifier Adalah Oilfield Chemicals Paling Krusial, Temukan Kunci Suksesnya di Sini!

demulsifier adalah oilfield chemicals sip

Artikel

Demulsifier adalah bahan kimia atau chemical yang berfungsi untuk memecahkan emulsi minyak dan air. Lokasi pemakaiannya di lapangan minyak, baik di sumur minyak atau di unit pengolah minyak mentah. Sesuai dengan fungsinya, chemical ini juga disebut dengan emulsion breaker (pemecah emulsi). Sesuai dengan lokasi pemakaiannya, chemical ini masuk dalam kategori oilfield chemicals (kimia lapangan minyak).

Demulsifier Adalah yang Paling Krusial, Mengapa?

Oilfield chemicals banyak macamnya, antara lain adalah:

  • Corrosion inhibitor untuk mencegah terjadinya korosi
  • Scale inhibitor, untuk mencegah terjadinya kerak
  • Biocide, untuk pengendalian jumlah bakteri
  • Oxygen scavenger, untuk mengurangi kandungan oksigen
  • Demulsifier, untuk memecahkan emulsi
  • Water clarifier, untuk penjernih air
    dan lain-lain.

Dari sekian banyak oilfield chemicals, emulsion breaker atau demulsifier adalah yang paling krusial karena berhubungan langsung dengan kualitas minyak yang dihasilkan. Standard kualitas minyak dilihat dari % BS&W (Basic Sediment & Water). Semakin kecil nilai BS&W, semakin bagus kualitas minyaknya (karena mengandung sedikit endapan dan air). Chemical yang tidak dapat memecah emulsi dengan baik, akan menghasilkan BS&W yang besar, banyak mengandung endapan dan air (buruknya kualitas minyak). Dengan demikian, demulsifier adalah chemical yang harus mendapat perhatian ekstra.

Selain alasan di atas, performance kerja emulsion breaker dapat dengan cepat diketahui, hanya dalam hitungan jam! Jadi, jika salah dalam memilih atau menggunakan chemical ini, kualitas minyaknya bisa cepat memburuk. Sementara untuk mengetahui performance corrosion inhibitor dan scale inhibitor biasanya perlu waktu 1 bulan untuk melihat hasil corrosion coupon atau scale coupon.

Kunci Sukses Perbaikan Kualitas Minyak

Tahap awal, Anda perlu memilih tempat-tempat injeksi chemical yang tepat. Adapun tempat-tempat yang direkomendasikan untuk diinjeksi demulsifier adalah:

Cluster minyak terjauh
Jika cluster minyak terjauh tidak diinjeksi, turbulensi minyak-air dalam pipa akan membuat emulsi makin ketat. Emulsi yang terlanjur ketat akan lebih sulit dipecahkan.

Pertengahan
Jika cluster minyak terjauh waktu tempuh fluidanya ke unit proses (wash tank) cukup lama, Anda perlu menambahkan injeksi di pertengahan.

jenis coating wash tankInlet Wash Tank
Di tempat ini perlu ada injeksi untuk tambahan fresh chemical karena di wash tank inilah proses pemisahan minyak-air terjadi. Untuk mengoptimalkan fungsinya, biasanya wash tank dilapisi jenis coating khas berwarna hitam untuk menyerap panas optimal sehingga membantu proses pemecahan emulsi.

Sumur Besar
Yang dimaksud sumur besar adalah yang produksi minyaknya besar (BOPD). Sumur-sumur besar ini diambil dari setiap cluster, demulsifier adalah prioritasnya.

Sumur Bermasalah
Di sumur ini perlu ada injeksi untuk mencegah emulsi ketat sejak dini. Yang dimaksud sumur bermasalah adalah sumur yang mudah membentuk emulsi, atau potensial mengganggu proses pemisahan.

Kalau optimasi titik injeksi sudah dilakukan dan Anda ingin mendapatkan kualitas minyak yang lebih baik dengan cost yang lebih rendah, silakan hubungi kami untuk membuat formula oilfield chemical. Ingat, demulsifier adalah jenis specialty chemicals penentu utama keberhasilan produksi oilfield.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.