Beranda » Artikel » Fuel Biocide untuk Mencegah Pertumbuhan Bakteri pada Biosolar

Fuel Biocide untuk Mencegah Pertumbuhan Bakteri pada Biosolar

fuel biocide mencegah bakteri pada solar

Artikel

Kebijakan pemerintah terkait penggunaan biosolar B30 telah diterapkan selama beberapa tahun terakhir di beberapa industri di Indonesia. Biosolar B30 adalah bahan bakar diesel campuran minyak nabati 30% dan minyak bumi (petroleum diesel) 70%. Penggunaannya banyak kendala, salah satunya yaitu pertumbuhan bakteri anaerob di tangki solar. Bakteri tersebut menyebabkan timbulnya sludge, mempercepat pergantian filter solar hingga timbulnya endapan logam sulfide. Oleh karena itu, diperlukan aditif solar berupa fuel biocide yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

fuel biocide aditif solar
Problem sludge pada filter solar

Eonchemicals merekomendasikan EonBio 3075 sebagai biocide untuk biosolar B30 sebagai solusi pencegahan tumbuhnya bakteri penyebab terjadinya sludge. Produk ini diformulasikan untuk mencegah dan membunuh bakteri dan jamur dalam tangki penyimpananan solar. Sangat cocok untuk menanggulangi masalah bakteri seperti sulfate reducing bacteria (SRB) dan bakteri lainya dalam tangki penyimpanan solar. EonBio Fuel 3075 langsung diaplikasikan ke tangki solar dengan dosis 300 ppm. Setara dengan 3 liter chemical untuk 10.000 liter biosolar B30 dan ditambahkan setiap dilakukan penambahan biosolar B30 pada tangki dengan fuel biocide tersebut.

Berikut ini merupakan pengujian sample biosolar B30 + EonBio Fuel 3075 (300 ppm) dan biosolar B30 tanpa aditif, menggunakan alat uji microbmonitor 2 yang dilakukan selama 4 hari. Dari hasil pengamatan menunjukan bahwa sample biosolar B30 tanpa menggunakan EonBio Fuel 3075 muncul sangat banyak bakteri yang dapat menimbulkan adanya sludge atau gel, sehingga filter bahan bakar pada tangki maupun unit tersumbat. Problem ini mengakibatkan:

  • Meningkatkan frekuensi pergantian filter solar
  • Pergantian fuel injector meningkat, karena low power pada engine dan asap hitam
hail uji fuel biocide aditif biosolar b30
Hasil uji biocide EonBio Fuel 3075

Dari pengujian tersebut, membuktikan bahwa EonBio Fuel 3075 efektif untjk mencegah terbentuknya bakteri pada biosolar B30 hanya dengan dosis 300 ppm atau setara dengan 3 liter chemical untuk 10.000 liter biosolar B30.

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang fuel biocide, silakan hubungi kami atau chat via WA dengan klik tombol yang tersedia.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.