Beranda » Artikel » Minyak Pelumas Mesin dan 7 Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Minyak Pelumas Mesin dan 7 Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

fungsi minyak pelumas mesin

Artikel

Meski namanya minyak pelumas mesin, tapi ternyata fungsinya tidak hanya untuk melumasi mesin lho! Mari kita telisik beberapa fungsi minyak pelumas atau lubricant oil yang sering kita pakai.

Membersihkan kotoran
Minyak pelumas mesin mampu membersihkan kotoran yang terdapat pada bagian tertentu dan sela-sela antar bagian. Misalnya pada mesin mobil, minyak ini mampu membawa kotoran ke saringan sehingga mudah dibersihkan.

Mengurangi gesekan
Ini adalah fungsi utama sebuah minyak pelumas atau lubricant oil, yaitu untuk mengurangi atau mengontrol gesekan antara dua permukaan logam yang saling menempel. Berkat adanya pelumas, maka pergerakan logam akan semakin lancar.

Mengurangi keausan
Sebagi akibat dari fungsi pelumas tersebut di atas (mengurangi gesekan), maka dampak positifnya adalah keausan logam dapat berkurang.

Sebagai perapat
Pelumas yang mengisi celah-celah mesin tentu saja menjadi sarana perapat agar tidak terjadi kebocoran gas.

Memperkecil risiko korosi
Penyebab terjadinya korosi atau karat adalah adanya reaksi antara logam dengan zat-zat korosif sekitarnya seperti oksigen dan air. Minyak pelumas mesin ini akan memberikan proteksi atau hambatan terhadap reaksi yang menyebabkan korosi tersebut.

Meredam panas
Pelumas juga mampu berfungsi sebagai peredam panas. Pada dasarnya panas ini dihasilkan ketika ada 2 logam yang saling bergesekan dalam jangka waktu lama. Ketika kedua benda ini menimbulkan panas, maka jika dibiarkan maka bisa merusak komponen yang lainnya.

Memperpanjang usia peralatan
Pada akhirnya, minyak pelumas mesin juga berfungsi memperpanjang usia peralatan. Hal ini karena pelumas secara efektif dapat memperkecil terjadinya korosi sehingga komponen juga menjadi lebih awet. Begitu pula terkait panas, jika komponen masih bisa terkendali soal panas maka komponen juga mampu bekerja optimal dan tahan lama. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minyak pelumas mesin dapat memperpanjang usia peralatan.

Tentang pelumas sebenarnya banyak jenisnya. Selain pelumas yang berbentuk minyak, ada juga pelumas yang berbentuk dispersi, paste, grease atau gemuk, compound dan anti friction coating (AFC). Perbedaan jenis pelumas umumnya disebabkan oleh perbedaan jenis bahan dasar pelumas yang digunakan. Meski berbeda jenis, tapi memiliki fungsi yang sama. Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan peralatan Anda.

Pemilihan jenis dan merk pelumas yang tepat tentu saja akan membuat hasil lebih optimal, aman, lancar dan dapat menghemat tenaga, waktu dan biaya operasional secara keseluruhan.

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang fungsi minyak pelumas mesin, macam-macam grease atau jenis pelumas yang cocok dengan kebutuhan Anda silakan chat via WhatsApp dengan kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.