Beranda » Artikel » Galvalume Coating, Solusi Cegah Kerugian dari Fingerprint Corrosion

Galvalume Coating, Solusi Cegah Kerugian dari Fingerprint Corrosion

galvalume coating fingerprint corrosion

Artikel

Tahukah Anda, adanya fingerprint atau sidik jari di permukaan galvalume (lembar baja) merupakan tanda petaka pada industri baja? Ya, karena dengan adanya sidik jari menunjukkan bahwa galvalume Anda telah tersentuh jari tangan. Keringat yang keluar dari telapak tangan adalah air yang mengandung mineral, asam lactic dan urea yang dapat menyebabkan fingerprint corrosion. Itulah mengapa galvalume coating sangat diperlukan untuk solusinya.

Karat umumnya terjadi saat pemanfaatan galvalume seperti proses tekuk dan proses akhir saat plat galvalume itu digunakan. Jika tempat operasional bersuhu tinggi, keringat operator akan keluar lebih banyak. Saat itulah potensi terjadinya korosi pada galvalume semakin meningkat jika Anda tidak menggunakan galvalume coating.

Proses Terjadinya Fingerprint Corrosion

galvalume coating korosi sidik jari

Representasi skematis dari korosi logam yang disebabkan oleh sidik jari atau proses terjadinya fingerprint corrosion berdasarkan skemba gambar di atas adalah sebagai berikut:

  • Gambar (a): Sidik jari diendapkan dengan ion klorida yang awalnya terkonsentrasi di sekitar pori-pori
  • Gambar (b): Terjadi korosi logam di anoda, diperkuat dengan adanya ion klorida dengan katoda terbentuk di pinggiran sidik jari
  • Gambar (c): Hasil akhir dari korosi dengan penghilangan logam dan meningkatkan ketebalan oksida logam

Solusi
ANFINT Series adalah galvalume coating organik tipis yang diformulasikan khusus untuk permukaan galvalume. Produk ini membentuk lapisan transparan yang dapat mencegah korosi akibat sidik jari atau fingerprint corrosion. ANFINT Series sangat cocok untuk melapisi logam galvalume dalam jangga waktu yang cukup panjang. Adapun beberapa fitur dan benefit dari produk ini adalah sebagai berikut:

  • Proteksi terhadap korosi yang baik
  • Waktu pengeringan yang cepat
  • Memiliki kelenturan dan tidak mudah rusak
  • Daya rekat yang baik

Sebellum aplikasi produk galvalume coating, Anda perlu membersihkan permukaan galvalume dari kotoran seperti minyak, karat dan lainnya. Untuk gulungan strip, umumnya diaplikasikan dengan metode reverse roll coating dan untuk benda kecil, aplikasi dilakukan dengan metode celup.

Konsultasikan program efisiensi industri Anda terkait galvalume coating atau jenis coating Eon lainnya dengan klik icon whatsapp sekarang. Cegah kerugian akibat fingerprint corrosion di industri lembar baja Anda.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.