Beranda » Artikel » Clean in Place Memerlukan Gaya Mekanis, Bagaimana Mendapatkannya?

Clean in Place Memerlukan Gaya Mekanis, Bagaimana Mendapatkannya?

clean in place ice pigging

Artikel

Cara paling mudah untuk meningkatkan gaya mekanis (force) selama proses proses clean in place (CIP) adalah dengan memperpanjang aliran meteran. Cara ini juga dapat meningkatkan perpindahan panas dan massa, yaitu gabungan cara yang dapat meningkatkan proses pembersihan sebagian besar area pada jalur proses. Sebagai catatan, area yang paling sulit untuk dibersihkan adalah di sudut-sudut, jalan buntu (dead end) dan celah-celah.

Meningkatkan laju alir volumetrik tidak dapat meningkatkan tegangan geser dinding (wall-shear stress) atau perpindahan panas dan massa secara signifikan di area tersebut. Selain tidak ada efek yang berarti, meningkatkan laju alir volumetrik berarti meningkatkan biaya proses pembersihan clean in place.

Selain cara tersebut di atas, apa lagi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan gaya mekanis yang bekerja pada kotoran (soils dan lainnya) di permukaan? Inilah beberapa cara yang patut dicoba:

  • Ice pigging
    Banyaknya volume es lumpur (slush ice) didorong melalui jalur proses oleh cairan CIP.
  • Draining fluida
    Mengeluarkan fluida yang ada pada jalur proses di seluruh area clean in place (CIP). Setelah CIP dimulai ulang, antarmuka udara-air yang mengalir melalui jalur proses menghasilkan gaya yang lebih besar terhadap permukaan yang dilewatinya.
  • Injeksi gelembung
    Gelembung diinjeksikan ke dalam cairan, saat dialirkan menghasilkan tegangan geser dinding yang tinggi.
  • Jet cleaning
    Pembersihan dengan air bertekanan pada tangki dan saluran pipa. Air bertekanan (water jet) menghasilkan gaya kekuatan tinggi yang dapat ditargetkan pada area yang spesifik.

Perkembangan dalam teknologi pembersihan tangki merupakan contoh yang bagus dengan peningkatan kebersihan yang diperoleh dengan laju aliran volumetrik yang lebih rendah. Secara historis, pembersihan tangki (masih dilakukan) dengan memasukkan deterjen, memanaskannya kemudian dibuang semua dan berharap tangki bersih. Cara ini sangat sedikit memberikan gaya mekanis (force) untuk proses clean in place.

Pengembangan berikutnya dalam pembersihan tangki adalah dengan bola semprot statis (static spray balls), di mana cairan CIP disemprotkan dengan kencang ke permukaan tangki. Titik tumbukan berada di lokasi yang sama sepanjang waktu. Cairan CIP (clean in place) jatuh bebas ke dinding tangki dan pembersihan terutama dicapai dengan hasil perendaman.

static spray clean in place
Static spray ball

Untuk diskusi lebih lanjut mengenai pembersihan sistem clean in place (CIP) dan parameter cleaning silakan hubungi kami atau chat dengan klik tombol WA di bawah.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.