Beranda » Artikel » 4 Penyebab Korosi Besi dan Solusinya

4 Penyebab Korosi Besi dan Solusinya

penyebab korosi besi

Artikel

Apa penyebab utama terjadinya korosi besi? Besi merupakan jenis material yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Besi dapat dibentuk, kokoh, dan memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Seperti pada berbagai peralatan, struktur konstruksi, otomotif, dan lainnya.

Sebaliknya, material besi memiliki kelemahan karena dapat mengalami korosi atau karat yang dapat merusak, menurunkan kekuatan dan juga ketahannya. Kondisi inilah yang harus diperhatikan dan dicegah agar tidak mengakibatkan kerugian besar.

Selain karena sifat alaminya yang dapat berkarat, beberapa hal berikut dapat menjadi faktor yang mempercepat terjadinya karat.

1. Lingkungan korosif (lingkungan asam dan garam)

lingkungan penyebab korosi besi logam
Kondisi lingkungan korosif

Area industri, lepas pantai, dan lingkungan bersifat asam serta kelembaban tinggi adalah penyebab terjadinya karat berlangsung lebih cepat

 

2. Kontaminasi terus menerus dari proses operasi

faktor yang mempercepat korosi besi
Kondisi korosi akibat proses operasi

Peralatan berbahan besi rentan terkena material yang digunakan saat proses operasi secara terus menerus, sehingga proses korosi akan semakin cepat terjadi.

3. Surface preparation yang kurang baik saat proses coating

lingkungan korosif dan buruknya surfcae preparation
Korosi akibat tidak adanya surface preparation sebelum proses coating

4. Pemilihan jenis dan sistem coating yang tidak tepat

sistem coating anti korosi besi
Pemilihan sistem coating sesuai kondisi lingkungan dan proses aplikasi

Point 3 dan 4 di atas, menjadi hal utama yang harus diperhatikan agar proses korosi besi atau korosi logam dapat dicegah lebih optimal.

Solusi
Pemilihan jenis dan sistem coating yang tepat sesuai kondisi lingkungan dan proses operasi dari peralatan besi yang digunakan, akan membantu menghambat proses korosi terjadi dan memberikan perlindungan korosi yang kuat dan tahan lama.

Proses operasi yang menggunakan material chemical bersifat asam dan korosif, tentunya dapat menjadi faktor yang dapat merusak lapisan coating. Pengunaan jenis coating yang tahan bahan kimia korosif tentunya menjadi pilihan tepat.

Informasi lebih lanjut tentang coating dan rekomendasi sistem coating yang tepat digunakan atau cat anti korosi untuk melindungi material besi/logam dari korosi besi atau korosi logam, silakan chat WA kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.