Beranda » Artikel » Sistem Pendingin Mesin Kapal Sirkulasi Tertutup & Teknik Perawatannya

Sistem Pendingin Mesin Kapal Sirkulasi Tertutup & Teknik Perawatannya

88 sistem pendingin mesin kapal 3

Artikel

Peran sistem pendingin mesin kapal sangat vital untuk menyerap panas dari hasil pembakaran bahan bakar di dalam silinder mesin kapal, supaya mesin kapal bekerja pada temperatur yang optimal. Cara kerja sistem pendingin mesin kapal pada sirkulasi tertutup ialah dengan mengedarkan radiator coolant ke seluruh komponen seperti cylinder jacket cooling dan cylinder head secara terus menerus untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin kapal.

Sistem Pendinginan Tertutup

sistem pendingin mesin kapal radiator coolant terbaik

Pada sistem pendingin mesin kapal sirkulasi tertutup, umumnya menggunakan air biasa. Tapi, pemakaian air biasa untuk sistem sirkulasi yang tertutup seringkali mengakibatkan banyak problem, misalnya terjadinya karat dan kerak. Pada case ringan, bagian pipa yang berkarat akan tergerus dan menyebabkan penyumbatan pada bagian yang kecil, seperti di tabung radiator. Kasus lainnya, karat dapat menggerus bagian permukaan pipa sehingga terjadi kebocoran. Parahnya, jika terjadi peningkatan temperatur mesin kapal dengan drastis atau terjadi overheating.

Kunjungi halaman tentang water treatment chemical sebagai pelengkap referensi.

Sebab itu, sangat diperlukan pemakaian radiator coolant agar sistem pendingin mesin kapal lebih awet. Hal ini karena coolant memiliki kandungan zat anti karat, yang berfungsi untuk proteksi radiator kapal sehingga tidak mudah berkarat (terjadi korosi).

sistem pendinginan mesin kapal

Rekomendasinya adalah dengan menggunakan RadCool 400. Produk ini merupakan cairan radiator coolant yang berbasis nitrit, dirancang untuk sistem pendingin air dengan siklus tertutup. RadCool 400 diformulasikan khusus guna memberi solusi untuk problem-problem tersebut di atas. Disarankan untuk perangkat berbahan alumunium, cast iron dan metal steel. Berikut ini ialah aplikasi RadCool 400 ketika diaplikasikan pada radiator mesin kapal pengangkut semen salah satu customer kami di Surabaya.

88e test kit nitrate pada sistem pendingin kapal
Test Kit

RadCool 400 diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan radiator coolant berbasis Nitrite. Kandungan nitrite yang terdapat dalam RadCool 400 berfungsi untuk mematikan oksigen yang tekandung dalam sistem pendingin mesin kapal, agar tidak bisa mengoksidasi permukaan logam bagian dalam radiator mesin kapal.

Dalam aplikasi nya, RadCool 400 perlu diencerkan 1:32 dengan air. Kadar nitrite perlu dimonitor setiap 2 minggu hingga 1 bulan sekali untuk dijaga pada level 1.000 ppm. Untuk keperluan tersebut, Eonchemicals menyediakan test kit nitrite untuk proses monitoging. Cara pakainya mudah, tinggal mencelupkan test kit ini dalam waktu 1 detik kemudian Anda bandingkan dengan komparator yang tersedia.

Baca info tentang Cat Kapal Anti Karat untuk melindungi jangkar.

Dengan demikian, performa sistem pendingin mesin kapal dapat selalu optimal jika menggunakan cairan radiator coolant yang tepat dan dimonitor secara rutin.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.