Beranda » Artikel » Seal Oil Vs Seal Grease: Mana yang Lebih Jos untuk Pelumas O Rings?

Seal Oil Vs Seal Grease: Mana yang Lebih Jos untuk Pelumas O Rings?

seal oil or seal grease

Artikel

Seal oil dan seal grease keduanya merupakan pelumas untuk oil seal o ring. Agar lebih jelas, sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu tentang istilah-istilah ini. Pembahasan selanjutnya tentang karakteristik kedua pelumas tersebut, serta rekomendasi aplikasi yang tepat.

Seal Oil Vs Oil Seal
Seal oil adalah jenis pelumas untuk seal, sedangkan oil seal adalah komponen berbentuk lingkaran yang terbuat dari karet atau plastik dan berperan seperti baut atau mur. Komponen ini berfungsi untuk melindungi celah pada mesin, mencegah keluar masuknya oli. Juga berfungsi untuk mencegah kebocoran cairan dan udara.

Berdasarkan bentuknya, oil seal di bagi menjadi dua jenis, yaitu dynamic seal dan static seal. Sesuai namanya, static seal merupakan seal yang digunakan pada mesin atau komponen yang tidak bergerak. Dynamic seal atau seal dinamis merupakan perapat yang digunakan pada komponen yang bergerak.

Ada beberapa jenis oil seal yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan part yang akan dihubungkan. Berikut adalah beberapa jenis seal berdasarkan kegunaan.

  • O ring seal
  • Lip seal
  • Dual cone seals
  • Gasket
jenis jenis seal karet

Oring seal berbentuk lingkaran yang umumnya terbuat dari karet sintetis atau plastik. Seal jenis ini digunakan untuk melapisi sambungan antar komponen seperti pipa atau mesin yang biasanya digunakan sebagai seal statis.

Kerusakan o ring pada mesin disebabkan karena kepanasan atau aus. Untuk menghindari masalah tersebut, oring membutuhkan silicone lubricant (pelumas berbahan silikon). Pelumas jenis ini dipilih karena aman untuk karet dan plastik. Berbeda dengan pelumas umum berbahan hidrokarbon yang dapat bereaksi dengan karet, sehingga malah merusak seal tersebut. Selain itu, silicone lubricant memiliki keunggulan tahan temperatur tinggi.

Seal Oil Vs Seal Grease
Dua jenis silicone lubricant yang biasa dipakai untuk pelumas o ring yaitu: (1) Seal oil, dan (2) Seal grease. Berikut ini adalah perbandingan karakteristik keduanya dalam fungsinya sebagai pelumas o ring.

karakteristik seal oil vs seal grease

Berdasarkan tabel perbandingan karakteristik di atas, secara umum seal grease berbahan dasar silicone lebih bagus digunakan untuk pelumas o ring. Kelebihannya yaitu:

  • Tidak cepat kering, sehingga lebih tahan lama (awetI dalam memberikan pelumasan
  • Dapat berfungsi sebagai sealing untuk mencegah risiko kebocoran pada oring seal

Rekomendasi Aplikasi
Gunakan pelumas terbaik dari Eonchmeicals untuk o ring yaitu Molykote 55 O Rings yang merupakan jenis seal grease.

molykote 55 grease

Molykote 55 O Ring
Adalah pelumas berbahan silikon yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan terhadap seal karet dan plastik. Mempunyai ketahanan terhadap temperatur tinggi dan ketahanan terhadap oksidasi yang sangat baik.

Fitur & Benefit

  • Kompatibel dengan berbagai jenis plastik dan elastomer
  • Berbasis silicone grease
  • Temperatur kerja -65 hingga 175 C
  • Perlindungan korosi yang baik
  • Memiliki ketahanan oksidasi yang sangat bagus
  • Untuk pelumasan antara karet/plastik dan metal dalam pneumatic systems pesawat, otomotif dan untuk berbagai industri lainnya
Distributor Molykote Indonesia

Untuk konsultasi tentang seal oil silakan chat dengan kami. Atau silakan baca artikel selanjutnya tentang pelumas tahan panas tinggi di webiste ini.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.