Beranda » Artikel » Solvent Cleaner dan Metode Lainnya untuk Coating Surface Preparation

Solvent Cleaner dan Metode Lainnya untuk Coating Surface Preparation

solvent cleaner pembersih

Artikel

Solvent cleaner adalah chemical yang umum digunakan dalam melakukan coating surface preparation atau persiapan permukaan sebelum aplikasi coating. Metode ini terutama untuk persiapan material yang terkontaminasi oleh minyak, grease, oli dan kotoran yang sulit hilang dengan air. Karena solvent memiliki karakter mudah terbakar dan ada yang masuk kategori B3, maka diperlukan ventilasi dan penanganan limbah yang tepat.

Solvent cleaner atau cleaning chemicals yang bisa Anda gunakan misalnya Eonsolv 134. Ini adalah solvent based cleaner yang jernih. Eonsolv 134 mampu menghilangkan gemuk, minyak pelumas, karat dan kotoran lainnya dari permukaan logam juga permukaan lainnya.

chemical stripperChemical Stripper
Metode lain yang juga sering digunakan untuk coating surface preparation adalah chemical stripper untuk penghilang cat besi yang efektif. Misalnya untuk menghilangkan sisa coating lama. Umumnya digunakan untuk maintenance, jika ingin mengecat ulang peralatan kecil yang mempunyai banyak lekukan. Anda dapat menggunakan Eonstrip 444 untuk maksud tersebut. Aplikasinya cukup dikuaskan pada permukaan cat, maka dalam waktu kurang dari 5 menit cat sudah dapat dihilangkan dengan mudah. Karena aplikasinya dengan dikuaskan (tidak perlu perendaman), maka Anda dapat menghemat biaya karena tidak boros.

Hand Tool Cleaning
Alat yang digunakan pada metode ini biasanya adalah sikat kawat (wire brush) yang digunakan untuk menghilangkan senyawa karat, scale dan cat. Tidak merubah profil permukaan karena bentuknya tetap rata, tidak berubah karena tool. Sering digunakan untuk keperluan spot touch-up (maintenance).

Power Tool Cleaning
Metode ini menggunakan gerinda. Bisa menghilangkan karat, scale dan cat yang menempel kuat pada permukaan.

metode gerinda dan dry blast cleaning

Dry Abrasive Blast Cleaning
Dapat menghilangkan coating, karat dan endapan. Menghasilkan profil permukaan.

wet abrasive
Wet Abrasive Blast Cleaning

Wet Abrasive Blast Cleaning
Metode ini digunakan ketika diperlukan pengendalian terhadap debu, untuk mengurangi kompleksitas sistim tertutup dan untuk pengendalian dalam mengurangi pemaparan debu beracun terhadap pekerja.

solvent cleaner water jetting

Water Jetting
Tekanan air yang digunakan tergantung dari adhesion coating yang akan dilepaskan. Pada tekanan yang tinggi bisa melepaskan coating yang menempel kuat pada permukaan. Dapat menghilangkan karat, tapi tidak dapat menghilangkan scale. Bisa menimbulkan flash rust, karat yang timbul dengan cepat.

Ringkasan
Metode yang umum digunakan untuk melakukan coating surface preparation atau persiapan permukaan sebelum aplikasi coating adalah:

  • Solvent Cleaner
  • Chemical / paint Stripper
  • Hand Tool Cleaning
  • Power Tool Cleaning
  • Dry Abrasive Blast Cleaning
  • Wet Abrasive Blast Cleaning
  • Water Jetting

Untuk solvent cleaner gunakan Eonsolv 134, dan untuk chemical stripper gunakan Eonstrip 444.

 

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.