Beranda » Solusi » Coating & Marking

Coating & Marking

Solusi

Coating dan marking adalah dua proses penting dalam industri pipa yang berfungsi untuk melindungi dan mengidentifikasi pipa. Coating melibatkan penerapan lapisan pelindung pada permukaan pipa untuk mencegah korosi, keausan, dan kerusakan akibat lingkungan eksternal.

Marking adalah proses pemberian tanda atau kode pada pipa untuk mengidentifikasi spesifikasi penting seperti ukuran, jenis material, kelas tekanan, dan informasi lainnya. Tanda-tanda ini sangat penting untuk memastikan bahwa pipa yang tepat digunakan dalam aplikasi yang sesuai, memudahkan proses instalasi, pemeliharaan, dan inspeksi, serta mematuhi standar dan regulasi industri.

Beberapa problem umum yang sering muncul pada unit ini dan solusi komprehensifnya dari Eonchemicals meliputi:

1. Problem: Coat for Marking

Marking atau pemberian tanda harus jelas dan memiliki daya tahan yang kuat melekat pada pipa. Gangguan korosi dan benturan fisik seringkali membuat tanda atau kode menjadi sulit terbaca, terutama jika coating terlalu tebal atau tidak kompatibel dengan bahan tinta marking.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan teknik marking yang sesuai, dan menggunakan bahan tinta mariking berkualitas tinggi.

Solusi: EonStencil 108

Merupakan stencil ink for marking, produk yang didesain khusus untuk marking pipa, casing, tubing, pipa drilling, drum metal, dan benda-benda metal lainnya.

Produk ini memiliki benefit:

  • Cepat kering
  • Daya adhesi yang sangat baik
  • Ketahanan yang sangat baik terhadap solvent dan kondisi lingkungan

2. Problem: Corrosion on Coupling

Coupling, sebagai penghubung antara dua pipa, sering kali lebih rentan terhadap korosi karena area ini mendapatkan tekanan mekanis dan kontak dengan elemen-elemen korosif seperti kelembaban, bahan kimia dan oksigen.

Meskipun pipa dan coupling telah diberi lapisan pelindung, gesekan dan pemakaian selama instalasi serta operasi dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan tersebut, membuka jalan bagi korosi. Hal ini dapat mengakibatkan kebocoran, penurunan kekuatan struktural, dan pada akhirnya kegagalan sistem pipa.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan coating yang lebih tahan lama dan aplikasi yang lebih cermat pada area coupling.

Solusi: EonCoat 470 for Coupling

Produk ini memberikan perlindungan superior terhadap korosi dengan membentuk lapisan pelindung yang kuat dan tahan lama pada permukaan coupling. Keunggulan utama EonCoat 470 adalah kemampuannya dalam menghambat proses oksidasi, yang merupakan penyebab utama korosi, serta ketahanan terhadap berbagai kondisi lingkungan yang keras.

Dengan aplikasi yang mudah dan efisien, EonCoat 470 melindungi coupling bebas dari karat, memperpanjang umur penggunaan, dan mengurangi biaya perawatan serta downtime akibat kerusakan korosi.

3. Problem: Corrosion White Storage on External Surface

Korosi selama penyimpanan pada permukaan eksternal pipa, sering disebut sebagai white rust atau white storage corrosion. Hal ini merupakan masalah umum dalam industri pipa yang dapat terjadi meskipun telah dilakukan proses coating dan marking.

White rust muncul ketika lapisan pelindung seng atau galvanis bereaksi dengan kelembaban, membentuk lapisan korosi putih yang rapuh. Masalah ini biasanya terjadi ketika pipa disimpan dalam kondisi lembab atau terkena hujan tanpa perlindungan yang memadai.

White rust tidak hanya merusak penampilan pipa tetapi juga mengurangi efektivitas lapisan pelindung, sehingga meningkatkan risiko korosi lebih lanjut pada material dasar. Untuk mencegah hal ini, penting untuk memastikan kondisi penyimpanan yang memadai, serta menggunakan coating yang tepat dan berkualitas baik.

Solusi: EonCoat Series for Black & Transparant Coating

Black Coating
EonCoat 435 merupakan black external pipe coating, yaitu cat pipa berwarna hitam yang dirancang khusus untuk melindungi permukaan pipa dari korosi. Produk ini sangat efektif digunakan untuk mencegah karat pada pipa selama penyimpanan di luar ruangan.

EonCoat 435 memenuhi spesifikasi API 5CT untuk casing dan tubing, menjamin bahwa coating ini sesuai dengan standar industri untuk perlindungan dan kualitas yang tinggi. Dengan menggunakan jenis coating pipa ini, maka pipa Anda dapat dipertahankan dalam kondisi optimal selama masa penyimpanan, mengurangi risiko kerusakan dan memperpanjang umur layanan pipa tersebut.

Transparant Coating
EonGuard 500 T/B merupakan transparant external pipe coating, adalah coating pipa eksternal yang jernih (transparan). Formula coating untuk perlindungan permukaan pipa dari karat. Produk ini sangat cocok digunakan untuk menjaga pipa dari korosi selama penyimpanan di luar ruangan.

EonGuard 500 T/B memenuhi spesifikasi API 5CT untuk casing dan tubing, menjamin bahwa coating ini sesuai dengan standar industri untuk perlindungan yang efektif dan kualitas yang tinggi. Dengan menggunakan EonGuard 500 T/B, pipa dapat terlindungi dengan efektif dari kondisi lingkungan. Menjaga kualitas pipa Anda dan keandalan serta keamanan dalam penggunaannya di lapangan.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA