Beranda » Solusi » Depo Station

Depo Station

Solusi

Depo station dalam industri minyak dan gas adalah fasilitas yang digunakan untuk penyimpanan, pemrosesan, dan distribusi produk minyak dan gas. Depo ini berperan sebagai titik penghubung antara produksi di lapangan dan distribusi ke pengguna akhir atau fasilitas pengolahan lebih lanjut.

Biasanya, depo station dilengkapi dengan tangki penyimpanan besar, pompa, sistem pipa, serta peralatan keselamatan dan pengawasan untuk menangani produk minyak dan gas secara aman dan efisien.

Beberapa problem yang biasa terjadi pada unit ini beserta solusinya dari Eonchemicals adalah sebagai berikut:

1. Problem: Tumpahan Minyak

Tumpahan minyak di depo station minyak adalah masalah kritis yang dapat terjadi selama proses penyimpanan, pemuatan, atau pembongkaran minyak dan produk minyak lainnya. Tumpahan ini bisa disebabkan oleh kebocoran tangki, kegagalan peralatan, atau kesalahan operasional.

Dampaknya mencakup pencemaran tanah dan air, yang dapat merusak ekosistem lokal dan mengancam kesehatan manusia. Selain itu, tumpahan minyak di depo station dapat mengakibatkan kebakaran atau ledakan, menimbulkan kerugian finansial yang besar, termasuk biaya perbaikan, dan denda regulasi.

Solusi: EonSpill 500, Absorbent Series

EonSpill 500 adalah dispersan tumpahan minyak atau oil spill dispersant (OSD) yang kuat dan efektif untuk mendispersi serta mempertahankan dispersi minyak dalam air tawar maupun laut. Produk ini dirancang untuk meminimalkan dampak lingkungan karena memiliki toksisitas yang sangat rendah.

Sangat efektif untuk berbagai jenis tumpahan minyak, sehingga mengurangi risiko kerusakan lingkungan dan mempermudah proses pembersihan. Karena sifatnya yang ramah lingkungan dan memiliki efisiensi tinggi, EonSpill 500 menjadi solusi yang andal dalam mengatasi tumpahan minyak di berbagai kondisi perairan.

Absorbent adalah produk solusi untuk mengatasi tumpahan minyak di lantai (daratan). Kit yang efektif untuk membersihkan tumpahan dan menjaga kebersihan serta keselamatan area kerja. Eonchemicals menyediakan berbagai jenis absorbent yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan spesifik di lapangan industri Anda.

Ingin mendapatkan solusi yang paling tepat untuk kebutuhan Anda? Silakan konsultasikan dengan tim kami via WhatsApp sekarang!

2. Problem: Kebakaran

Kebakaran di depo station minyak dan gas adalah risiko yang sangat serius karena sifat mudah terbakar dari minyak dan produk gas. Kebakaran dapat terjadi akibat kebocoran bahan bakar, percikan api dari alat listrik, atau kegagalan peralatan.

Dampaknya bisa sangat merusak, termasuk ancaman terhadap keselamatan pekerja, kerusakan parah pada infrastruktur, dan potensi ledakan. Selain itu, kebakaran di depo station dapat menyebabkan pencemaran udara dan kerugian finansial yang besar karena biaya perbaikan, pembersihan, dan penghentian operasi.

Solusi: FireShield 700

FireShield 700 adalah bahan kimia pembentuk busa berbasis air yang diformulasikan khusus sebagai konsentrat busa pemadam api. Produk ini telah mendapatkan sertifikat UL. Aplikasinya hanya dengan proporsi 3% terhadap air (3 bagian FireShield 700 dan 97 bagian air).

Sangat efektif untuk memadamkan kebakaran hidrokarbon seperti bensin, minyak tanah, solar, dan lainnya. Dengan kemampuan memadamkan api yang unggul, produk ini menjadi pilihan andal untuk melindungi lingkungan industri dan area lain yang berisiko tinggi terhadap kebakaran bahan bakar hidrokarbon.

3. Problem: Buka Baut Susah Karena Karat

Masalah sulit membuka baut karena karat di depo station adalah hal umum terjadi karena lingkungan yang keras dan sering terpapar kelembaban tinggi serta kondisi cuaca ekstrem. Karat bisa membuat baut dan mur menjadi sulit untuk dibuka, yang dapat menghambat perawatan, perbaikan, atau penggantian peralatan yang diperlukan.

Hal ini bisa menyebabkan penundaan dalam operasi atau bahkan risiko kerusakan lebih lanjut jika baut tidak dapat dibuka dengan aman. Diperlukan pelumas khusus untuk solusinya.

Solusi: Molykote 1000

Merupakan pasta ulir yang dirancang untuk memudahkan pelepasan baut. Produk specialty lubricant ini memberikan pelumasan yang optimal pada ulir baut, mengurangi gesekan dan mencegah terjadinya korosi, sehingga baut dapat dilepas dengan mudah bahkan setelah penggunaan dalam jangka waktu lama.

Molykote 1000 sangat cocok digunakan dalam aplikasi industri di mana efisiensi dan kemudahan perawatan sangat penting.

4. Problem: Cat Tangki Mengelupas

Ketika cat mengelupas, permukaan logam menjadi terbuka dan rentan terhadap korosi, yang dapat mempercepat degradasi material dan berpotensi menyebabkan kebocoran atau kerusakan struktural pada tangki.

Dampaknya tidak hanya terbatas pada kerusakan fisik, tetapi juga mencakup potensi pencemaran lingkungan jika terjadi kebocoran dari tangki yang tidak dilindungi dengan baik.

Penyebab umum pengelupasan cat termasuk aplikasi yang tidak tepat, persiapan permukaan yang kurang baik sebelum pengecatan, atau penggunaan cat yang tidak sesuai dengan kondisi lingkungan yang spesifik.

Solusi: EonCoat 551/470

EonCoat 551 merupakan alkaline resistance external coating, yaitu cat pelindung eksternal dengan ketahanan alkali yang tinggi. Produk ini merupakan epoxy coating yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap korosi, kotoran, dan tumpahan bahan kimia.

EonCoat 470 merupakan coating pelindung heavy duty yang permanen. Produk coating solusi ini dirancang untuk cepat mengering, tahan terhadap air, dan mencegah proses karat. Sangat cocok untuk melindungi tangki, pipa, struktur besi, dan substrat lainnya.

Untuk mendapatkan rekomendasi jenis coating yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan hubungi tim ahli coating kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA