Beranda » Solusi » Filling | Coconut Milk

Filling | Coconut Milk

Solusi

Proses pengisian atau filling dalam produksi coconut milk adalah tahap kritis di mana santan yang telah diproses dimasukkan ke dalam kemasan akhir, seperti botol, kaleng, atau karton. Efisiensi dan presisi dalam proses filling sangat penting untuk memenuhi standar industri dan menjaga kepuasan konsumen.

Adapun problem-problem yang biasa terjadi beserta solusi dari Eonchemicals meliputi:

1. Problem: Cycle Time CIP Panjang

Masalah cycle time CIP (Cleaning in Place) yang panjang pada proses filling dalam produksi coconut milk dapat mengakibatkan downtime yang signifikan, mengurangi efisiensi operasional, dan meningkatkan biaya produksi.

Problem ini disebabkan oleh proses filling yang memerlukan pembersihan menyeluruh. Tapi jika cycle time CIP terlalu lama, maka produksi akan terhenti lebih lama. Kerugian akibat downtime semakin tinggi.

Solusi: Eon CIP

Eon CIP (Cleaning in Place) merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah cycle time CIP yang panjang pada proses filling coconut milk, karena formulanya yang efektif dalam membersihkan peralatan secara menyeluruh dan cepat.

Eon CIP mempunyai banyak varian (series) dengan peruntukan masing-masing. Produk ini telah mendapatkan sertifikat National Sanitation Foundation (NSF) agar kualitasnya sesuai aturan yang belaku, dan bersertifikat halal dari MUI untuk menambah kepercayaan konsumen.

Silakan chat WhatsApp kami untuk mengetahui detail varian dan info lainnya.

2. Problem Kontaminasi Mikrobiologis

Kontaminasi mikrobiologis dalam proses filling coconut milk adalah masalah serius yang dapat mengancam keamanan dan kualitas produk akhir. Kontaminasi ini dapat terjadi jika peralatan pengisian tidak dibersihkan dan disanitasi dengan benar.

Karena itulah, menciptakan lingkungan pengisian yang steril dan peralatan yang higienis adalah tindakan penting yang harus diperhatikan.

Silakan hubungi Eonchemicals untuk aplikasi Eon Sanitizing dalam mengatasi masalah ini.

Solusi: Eon Sanitizing

Eon Sanitizing tepat dijadikan solusi efektif untuk mengatasi masalah kontaminasi mikrobiologis dalam proses filling coconut milk di industri makanan minuman. Produk solusi ini diformulasikan untuk mensterilkan peralatan dan permukaan secara menyeluruh, menghilangkan mikroorganisme patogen yang dapat menyebabkan kontaminasi.

Dengan formulasi yang memberikan efek kuat tapi aman, Eon Sanitizing dapat membantu membersihkan nozel, pipa, tangki, dan area pengisian lainnya dari mikroorganisme berbahaya.

Penggunaan rutin Eon Sanitizing berkontribusi besar dalam melahirkan produk coconut milk yang aman dan berkualitas tinggi, serta mematuhi standar keamanan pangan.

3. Problem: Botol Mengandung Kontaminan

Masalah botol yang mengandung kontaminan dalam proses filling coconut milk dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan produk akhir. Kontaminan dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk residu dari proses produksi sebelumnya, partikel debu, mikroorganisme, atau bahan kimia yang tidak sengaja masuk selama penyimpanan atau penanganan botol.

Kehadiran kontaminan ini dapat menyebabkan kerusakan produk, perubahan rasa, penurunan nilai gizi, dan potensi risiko kesehatan bagi konsumen. Oleh karena itu, memastikan bahwa botol yang digunakan dalam proses filling benar-benar bersih dan bebas dari kontaminan sangat penting untuk menjaga kualitas produk coconut milk dan memenuhi standar sanitasi yang ketat dalam industri makanan.

Solusi: Eon WashBrite 330

Produk solusi ini adalah cairan yang diformulasikan khusus dari alkali pilihan dan surfaktan unik, sehingga memiliki daya bersih yang sangat bagus dan tingkat foaming yang rendah. Produk ini sangat cocok digunakan untuk pembersihan botol polikarbonat dalam industri makanan dan minuman.

Berkat formulasi alkali dan surfaktan khusus, Eon WashBrite 330 dapat menghilangkan kotoran dengan cepat dan memiliki daya bilas yang baik. Surfaktan berbusa rendahnya cocok untuk digunakan di daerah air lunak dan keras. Produk ini kompatibel dengan plastik dan karet yang umum dalam industri pengolahan makanan dan minuman, namun perlu berhati-hati saat digunakan pada aluminium dan seng karena dapat terkikis.

4. Problem Stain/Kerak pada Peralatan

Masalah noda atau kerak pada peralatan di proses pengisian (filling) untuk produk seperti santan kelapa dalam industri makanan adalah tantangan umum yang dapat mengganggu proses produksi. Noda dan kerak ini dapat terbentuk akibat sisa-sisa produk yang menempel pada permukaan peralatan, terutama pada area yang sulit dijangkau seperti sudut-sudut dan lipatan peralatan filling.

Akumulasi noda dan kerak tidak hanya mengurangi efisiensi operasional dengan memperlambat proses, tetapi juga dapat mengurangi kebersihan produk akhir serta meningkatkan risiko kontaminasi.

Silakan konsultasikan dengan kami untuk penggunaan EonBright 353 sebagai solusinya.

Solusi: EonBright 353

Produk ini merupakan pembersih, brightener, descaling, dan pickling yang diformulasikan untuk membersihkan stain/kerak serta mencerahkan permukaan material stainless steel.

Tidak terlalu korosif dan aman untuk semua jenis logam, serta berfungsi sebagai penghilang karat. Silakan chat kami dengan klik tombol ikon WA untuk konsultasi lebih lanjut.

5. Problem: Periode Regreasing Singkat

Periode regreasing singkat pada peralatan filling untuk produk seperti santan kelapa dalam industri makanan merupakan masalah yang umum terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi operasional yang berat dan penggunaan peralatan yang terus-menerus, dan pemilihat jenis grease yang tidak tepat.

Masalah ini dapat mengganggu proses produksi dengan memerlukan lebih banyak waktu untuk perawatan dan penggantian grease secara berkala, serta berpotensi meningkatkan biaya operasional dan downtime mesin.

Solusi: LE Lubricant

LE Lubricant adalah solusi yang efektif untuk mengatasi masalah periode regreasing singkat pada peralatan filling untuk produk seperti santan kelapa. Produk pelumas ini memiliki formula yang kuat untuk memberikan pelumasan yang lebih tahan lama dan efektif, sehingga dapat memperpanjang periode regreasing.

Dengan menggunakan LE Lubricant, Anda lebih hemat waktu, biaya dan tenaga karena periode regreasing menjadi lebih lama. Silkan kontak kami untuk konsultasi.

6. Problem: Grease/Oil pada Rantai Mengkontaminasi Produk

Masalah grease atau minyak yang mengkontaminasi produk dalam proses pengisian (filling) untuk produk seperti santan kelapa merupakan permasalahan yang lazim terjadi.

Kontaminasi ini biasanya terjadi karena kesalahan dalam memilih jenis pelumas. Pelumas jenis biasa, memang cenderung dapat menetes dan menjadi kontaminan.  Solusi yang paling tepat adalah menggunakan pelumas kering, seperti AFC (Anti Friction Coating).

Solusi: Molykote AFC

Molykote AFC (Anti Friction Coating) sebagai solusi yang efektif untuk mengatasi masalah kontaminasi produk akibat grease atau minyak pada rantai menetes. Hal ini karena AFC merupakan pelumas kering, sehingga tidak menetes seperti yang Anda khawatirkan.

Produk ini dirancang dengan teknologi khusus yang memberikan pelumasan yang tinggi dan tahan lama pada rantai peralatan, serta mengurangi kemungkinan pencemaran produk karena tidak menetes.

Eonchemicals adalah distributor Molykote Indonesia resmi yang menjamin Anda akan mendapatkan produk asli, dengan kualitas sesuai aslinya. Melalui distributor resmi, Anda juga akan mendaptkan technical service yang baik.

7. Problem: Botol Jatuh Saat di conveyor

Masalah botol jatuh saat berada di conveyor dalam proses pengisian (filling) untuk produk seperti santan kelapa adalah situasi yang sering terjadi dan dapat mengganggu kelancaran operasional.

Jatuhnya botol dapat menyebabkan kerusakan pada produk, botol itu sendiri, atau bahkan peralatan lain di sekitarnya. Selain itu, kebocoran atau tumpahan yang mungkin terjadi akibat botol yang jatuh dapat menyebabkan pemborosan produk dan mempengaruhi efisiensi proses pengisian.

Solusi: EonDrylube 805

Jenis pelumas dry lubricant emulsion based, adalah pelumas kering berbasis emulsi yang diformulasikan khusus untuk aplikasi pada conveyor. EonDrylube 805 memberikan lubrikasi yang sangat efektif pada konveyor untuk meminimalkan friksi, sehingga risiko botol jatuh dapat berkurang.

Sebagai pelumas kering, EonDrylube 805 memiliki sertifikat NSF H1 dan sertifikat halal dari MUI. Kedua sertifikat ini membuktikan keamanannya untuk aplikasi dalam industri makanan dan minuman, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Untuk aplikasi EonDrylube 805 di tempat Anda, silakan hubungi kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA