Beranda » Solusi » Kapal Tongkang / Barge

Kapal Tongkang / Barge

problem di kapal tongkang dan solusinya

Solusi

Kapal tongkang, atau barge adalah jenis kapal tanpa mesin penggerak sendiri yang dirancang untuk mengangkut muatan besar di perairan. Biasanya digunakan di sungai, kanal, dan pelabuhan, tongkang sering ditarik atau didorong oleh kapal tunda (tugboat).

Kapal ini dapat mengangkut berbagai jenis kargo, termasuk bahan tambang, pasir, batu bara, serta barang-barang berukuran besar yang sulit diangkut melalui darat.

Beberapa problem dan solusinya yang sering ditemukan pada kapal tongkang adalah sebagai berikut:

1. Problem: Pencegahan Kebakaran Batu Bara

Kebakaran batu bara pada kapal tongkang dapat terjadi akibat proses oksidasi spontan (spontaneous combustion). Kebakaran ini tidak hanya merusak muatan dan kapal, tetapi juga menimbulkan risiko signifikan terhadap keselamatan awak kapal serta mengakibatkan dampak lingkungan yang merugikan.

Solusi: CoalGuard 575

Merupakan coal spontaneous combustion inhibitor, yaitu chemical yang mampu melapisi partikel partikel untuk mereduksi terjadinya spontaneous combustion. Aplikasinya dengan cara mengencerkan terlebih dahulu sehingga lebih ekonomis, kemudian disemprotkan langsung saat pencurahan batu bara.

CoalGuard 575 merupakan produk yang tidak korosif, tidak beracun, biodegredable sebagai solusi yang komprehensif.

2. Problem: Pemadaman Kebakaran

Pemadaman kebakaran yang tidak efektif akan menambah kerugian Anda. Semakin tidak efektif, semakin banyak kerugian yang diderita.

Solusi: FireShield 105

Adalah bahan kimia pembentuk busa yang berfungsi untuk pemadaman kebakaran, yang memiliki fitur dan benefit seperti tersebut di bawah ini:

  • Berkemampuan membentuk selimut busa kualitas tinggi, terapung di permukaan minyak
  • Mampu memadamkan api dengan cepat, karena permukaan minyak tertutupi busa
  • Menghasilkan busa yang stabil dan sangat halus
  • Bersifat water based, sehingga mudah digunakan
  • Tidak beracun dan biodegredable sehingga aman bagi lingkungan

3. Problem: Power Berkurang, Filter Tersumbat, Durasi Pergantian Filter Kurang Lama

Ketiga problem di atas sering terjadi pada mesin diesel karena akumulasi partikel yang terdapat pada bahan solar yang digunakan.

Solusi: EonFuel 708

Merupakan aditif serba guna yang dapat berfungsi sebagai fuel dispersant, pembersih injektor, dan untuk meningkatkan cetane. Formulasi ini khusus digunakan sebagai solusi menyeluruh pada mesin diesel untuk mengatasi masalah-masalah tersebut di atas.

EonFuel 708 mampu menurunkan partikel dalam solar hingga lebih dari 50%, sehingga dapat mencegah tersumbatnya filter solar. Selain itu juga dapat meningkatkan cetane 1-3 poin. Juga dapat membersihkan deposit injektor, untuk menguatkan kembali power yang melemah.

4. Problem: Untuk Mesin Kapal Euro 4/5 Diperlukan Urea Water

Urea water dipergunakan pada mesin kapal Euro 4/5 untuk mereduksi emisi NOx, guna memenuhi standar emisi Euro 4/5, dan peraturan lingkungan. Fungsi lainnya untuk menaikkan efisiensi bahan bakar, menjaga kinerja mesin dengan meningkatkan masa pakai komponen.

Solusi: EonRedox 325

  • EonRedox 325 dari Eonchemicals adalah produk lokal kebanggaan Indonesia
  • High quality, sesuai ISO/TS 22241-1:2019
  • Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 77%
  • Lulus uji di Laboratorium Intertek, Singapura.

5. Problem: Pelapisan dan Pembersihan Kapal (Sticky / Lengket)

Kapal yang kotor dan lengket akan mempersulit release material tambang, karena banyak yang menempel pada permukaan kapal. Perlu tambahan tenaga dan waktu lama untuk penaganannya.

Solusi: EonReleaser 207

Merupakan release agent, yaitu bahan kimia yang memiliki fungsi mengurangi menempelnya material tambang. Dengan demikian, kapal Anda makin mudah untuk melakukan release (memindahkan) material tambang, karena tidak lengket pada permukaan kapal.

  • Cara pakainya hanya dengan menyemprotkan ke permukaan kapal
  • Aman untuk permukaan logam, kayu, dan karet
  • Cocok untuk kapal yang membawa material tambang
  • Lapisan anti lengket yang terbentuk akan banyak mengurangi material tambang yang tersisa
  • Waktu pemindahan dan pembersihan menjadi lebih cepat
  • Release agent yang biodegradable, tidak beracun dan ramah lingkungan

6. Problem: Tumpahan Minyak di Laut

Problem ini mengakibatkan kerusakan lingkungan yang harus segera ditangani. Perlu solusi yang tepat dan cepat sebelum dampak buruknya menjadi lebih besar dan luas.

Solusi: EonSpill 257

EonSpill 257 adalah oil spill dispersant (OSD) untuk mengatasi tumpahan minyak di perairan darat dan laut. Fitur dan benefitnya yaitu:

  • Toksisitas sangat rendah terhadap ikan, binatang laut, dan tanaman pantai
  • Sangat efektif untuk solusi dalam mengatasi berbagai jenis tumpahan minyak
  • Pilihan tepat untuk menangani insiden tumpahan minyak dengan dampak negatif minimal terhadap ekosistem

7. Problem: Tumpahan Minyak di Kapal

Tumpahan minyak di kapal dapat mengganggu aktivitas para pekerja kapal, mengurangi keamanan dan kenyamanan dan merusak lingkungan. Diperlukan tindakan solutif yang efektif untuk mengembalikan kelancaran operasional dan menghindari dampak negatif yang makin rumit.

Solusi: Spill Kit Series

Spill Kit Series adalah tipe-tipe perlengkapan alat untuk mengatasi tumpahan minyak dan cairan lain termasuk oli dan limbah cair. Seperangkat alat ini bekerja efektif untuk mengembalikan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Spill kit Eonchemicals berisi berbagai tipe absorbent, perlengkapan keselamatan seperti sarung tangan dan kacamata, serta kantong limbah untuk pembuangan absorbent yang telah dipergunakan.

Eonchemicals menyediakan berbagai jenis spill kit yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan rekomendasi seri spill kit yang tepat untuk Anda.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA