Beranda » Solusi » Machining Metal Part

Machining Metal Part

Solusi

Machining metal parts pada industri otomotif adalah proses penting yang melibatkan pemotongan, pembentukan, dan penyelesaian komponen logam dengan presisi tinggi untuk memenuhi spesifikasi ketat yang diperlukan dalam pembuatan kendaraan.

Proses ini mencakup berbagai teknik seperti turning, milling, drilling, dan grinding, yang menggunakan mesin CNC (Computer Numerical Control) untuk mencapai akurasi yang luar biasa. Komponen yang dihasilkan, seperti crankshafts, pistons, dan transmission gears, harus memiliki toleransi yang sangat ketat dan kualitas permukaan yang optimal untuk memastikan kinerja dan daya tahan kendaraan.

Adapun beberapa problem pada unit ini beserta solusi inovatif dari Eonchemicals adalah sebagai berikut:

1. Problem Casting: Grease Meleleh

Problem casting yang umum terjadi dalam proses machining metal part di industri otomotif adalah melelehnya grease atau pelumas pada saat proses pemesinan. Hal ini bisa terjadi karena suhu pemotongan yang tinggi atau kurangnya sistem pelumasan yang efektif pada mesin pemesinan.

Ketika grease meleleh, ini dapat mengakibatkan penurunan performa, peningkatan gesekan yang berpotensi merusak tooling dan komponen mesin, serta mengurangi kualitas permukaan yang dihasilkan.

Solusi: Molykote, Lubricant Engineer

Molykote dan Lubricant Engineer tepat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah grease meleleh dalam proses casting karena keduanya menawarkan pelumas dengan ketahanan suhu tinggi dan stabilitas termal yang sangat baik.

Molykote menyediakan pelumas berbasis silikon yang tahan terhadap suhu ekstrem, mengurangi risiko melelehnya grease selama proses pemesinan dengan suhu tinggi. Lubricant Engineer, di sisi lain, menawarkan pelumas dengan aditif khusus yang dapat mempertahankan viskositas dan memberikan pelumasan optimal meskipun dalam kondisi suhu tinggi.

Dengan penggunaan produk dari Molykote dan Lubricant Engineer, peningkatan performa mesin dapat dicapai, gesekan berlebih dapat dikurangi, dan kualitas permukaan hasil pemesinan dapat terjaga, sehingga keseluruhan efisiensi proses casting meningkat.

Eonchemicals adalah distributor resmi Molykote dan Lubricant Engineer di Indonesia yang memastikan keaslian produk dan menjamin kualitasnya. Kami juga menyediakan tenaga ahli pelumasan untuk membantu Anda dalam optimasi pelumas.

Silakan chat WA kami untuk informasi lebih lanjut, atau konsultasi (gratis) sekarang!

2. Problem Forging: Grease Meleleh

Melelehnya grease atau pelumas saat material logam dipanaskan untuk proses forging. Ini sering terjadi karena suhu yang sangat tinggi selama proses pemanasan material logam yang dapat menyebabkan pelumas meleleh atau terbakar. Ketika grease meleleh, hal ini dapat mengganggu proses forging yang dapat mengurangi kualitas produk akhir dan mengakibatkan masalah operasional seperti gesekan yang tidak diinginkan atau penurunan performa alat.

Solusi: Molykote, Lubricant Engineer

Molykote dan Lubricant Engineer adalah dua produk berkualitas internasional yang telah turuji kualitasnya dan telah banyak digunakan di berbagai negara.

Eonchemicals adalah distributor resmi di Indonesia untuk kedua pelumas tersebut, sehingga Anda mendapat jaminan keaslian untuk kedua produk tersebut. Jaminan keaslian berarti juga merupakan jaminan kualitas.

Dengan menggunakan produk dari Molykote dan Lubricant Engineer, kualitas produk akhir dapat ditingkatkan dan masalah operasional akibat grease meleleh dapat diminimalisir, memastikan proses forging berjalan lebih efisien dan lancar.

3. Problem CNC: Iritasi, Bau, Boros (Tidak Effektif)

Jika coolant atau metal working fluid yang digunakan tidak tepat dan tidak memenuhi standar kualitas, ini dapat menyebabkan iritasi pada operator, bau yang tidak menyenangkan, dan penggunaan coolant yang tidak efektif (boros). Selain itu, juga dapat mengakibatkan penurunan kualitas hasil dan ketahanan tool mesin.

Solusi: EonTrim

EonTrim dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah iritasi, bau, dan penggunaan coolant yang tidak efektif dalam proses CNC karena produk ini dirancang untuk memberikan efek pendinginan dan pelumasan yang maksimal dengan penggunaan yang efisien.

EonTrim memiliki formula yang ramah terhadap kulit, mengurangi risiko iritasi pada operator, mampu mencegah pertumbuhan bakteri sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, EonTrim memiliki daya tahan yang baik dan stabilitas kimia yang tinggi, yang mengurangi kebutuhan penggantian coolant secara sering, membuat penggunaannya lebih hemat dan efektif.

Silakan hubungi kami untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat dalam operasi Anda.

4. Problem Cleaning Part: Cleanlines

Masalah umum dalam proses cleaning part pada machining metal part di industri otomotif adalah terkait dengan tingkat kebersihan (cleanliness) yang tidak memenuhi standar yang diharapkan. Hal ini dapat disebabkan oleh sisa-sisa coolant, grease, atau debris logam yang tersisa pada permukaan komponen setelah proses pemesinan selesai.

Kebersihan yang kurang optimal dapat mengakibatkan penurunan kualitas akhir produk, serta potensi masalah seperti korosi, kegagalan komponen, atau hambatan dalam proses perakitan dan finishing.

Solusi: EonTrim Clean

Produk ini dirancang khusus untuk menghilangkan sisa-sisa coolant, grease, dan debris logam secara efektif. EonTrim Clean memiliki formula pembersih yang kuat namun aman digunakan, memastikan bahwa permukaan komponen bebas dari kontaminan yang dapat menyebabkan penurunan kualitas produk akhir.

Dengan kemampuan pembersihan yang optimal, EonTrim Clean membantu mencegah masalah seperti korosi, kegagalan komponen, dan hambatan dalam proses perakitan dan finishing, sehingga memastikan hasil yang memenuhi standar kebersihan yang tinggi dan meningkatkan keseluruhan efisiensi produksi.

Jangan segan chat WA dengan kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau konsultasi.

5. Problem Anti Rust: Masih Terbentuk Karat

Problem ini bisa terjadi karena aplikasi anti rust tidak optimal, tidak merata ke seluruh permukaan komponen, terutama pada area yang sulit dijangkau atau tersembunyi. Kondisi lingkungan yang ekstrim juga dapat mempengaruhi kinerja pelindung anti karat.

Kualitas anti rust chemical yang kurang baik juga sangat mungkin menyebabkan problem ini.

Solusi: EonTrim Nocor, EonTrim RPO

Keduanya dirancang dengan formula khusus yang memberikan perlindungan anti karat yang optimal dan merata ke seluruh permukaan komponen, termasuk area yang sulit dijangkau. EonTrim Nocor menawarkan perlindungan yang tahan lama dengan kemampuan penetrasi yang tinggi, sehingga efektif melindungi komponen dari karat meskipun dalam kondisi lingkungan yang ekstrem.

EonTrim RPO, di sisi lain, memberikan lapisan pelindung yang kuat dan tahan terhadap kelembaban serta kontaminan lingkungan, memastikan tidak ada area yang terlewatkan dalam aplikasi. Dengan kualitas anti karat yang superior, kedua produk ini mencegah terbentuknya karat secara efektif, meningkatkan daya tahan dan performa komponen dalam jangka panjang.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA