Beranda » Solusi » Workshop Coal Mining

Workshop Coal Mining

Solusi

Workshop industri tambang batu bara adalah fasilitas yang memelihara, memperbaiki, dan merawat peralatan tambang. Dilengkapi dengan alat khusus dan tenaga kerja terlatih, workshop ini menangani perbaikan mekanis, penggantian suku cadang, dan pemeliharaan rutin.

Peran utamanya adalah memastikan semua peralatan berfungsi optimal dan aman, mendukung produktivitas dan keselamatan di tambang batu bara.

Adapun problem-problem yang umum terjadi dan solusi dari Eonchemicals yang efektif adalah sebagai berikut:

1. Problem: Pembersihan Kotoran Oli & Grease

Pembersihan kotoran oli dan grease dalam industri tambang batu bara adalah masalah yang sering dihadapi karena sifatnya yang lengket dan sulit dibersihkan. Kotoran ini biasanya menempel pada peralatan berat seperti truk tambang, alat berat, dan mesin penggali.

Akumulasi kotoran oli dan grease tidak hanya mengurangi efisiensi operasional dan umur pakai peralatan, tetapi juga dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan kerusakan yang memerlukan biaya perbaikan tambahan.

Solusi: EonWash 500, QuickBreak 600

EonWash 500 adalah general purpose cleaner, yaitu bahan kimia pembersih serba guna berbasis air. Mampu membersihkan minyak, oli, dan grease secara efektif. Memberikan hasil pembersihan yang optimal tanpa merusak permukaan yang dibersihkan. Pilihan yang aman dan efisien untuk berbagai kebutuhan dalam pembersihan.

Produk ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk industri pertambangan mineral dan batu bara, marine, otomotif dan lainnya. Dengan kemampuannya yang serbaguna, general purpose cleaner ini membantu menjaga kebersihan dan kinerja peralatan, mengurangi downtime, dan memperpanjang umur pakai mesin dan komponen.

Quick Break 600 adalah bahan kimia untuk membersihkan minyak, oli, grease, dan kotoran lainnya secara efisien. QuickBreak 600 memiliki berbagai macam keunggulan, terutama kemampuannya dalam melakukan quick break, memungkinkan pembersihan yang cepat dan efisien tanpa ada residu.

Produk kimia pembersih ini juga ramah lingkungan, sehingga aman bagi ekosistem sekitar. Keamanan pengguna menjadi prioritas utama, dan dengan daya bersih yang sangat baik, produk ini mampu mengatasi berbagai jenis kotoran, memastikan hasil pembersihan yang optimal. Cocok untuk solusi dari permasalahan di atas.

2. Problem: Scale dan Korosi pada Sistem Pendingin

Scale dan korosi pada sistem pendingin dalam industri tambang batu bara adalah masalah umum yang dapat mengganggu operasi dan memerlukan biaya perawatan tambahan.

Scale terbentuk dari endapan mineral seperti kalsium dan magnesium yang mengendap pada permukaan dalam sistem pendingin. Hal ini dapat mengurangi efisiensi pertukaran panas dan meningkatkan konsumsi energi.

Korosi terjadi ketika logam dalam sistem teroksidasi atau terkorosi akibat paparan air dan udara. Korosi dapat menyebabkan kebocoran, kerusakan komponen, dan bahkan kegagalan sistem pendingin secara keseluruhan.

Solusi: RadCool 200, GreenCool 200, GreenCool 488

RadCool 200 adalah ethylene glycol radiator coolant, berupa cairan radiator jenis extended life untuk mesin heavy duty, sehingga masa pakainya lebih lama. Produk ini mengandung Organic Acid Technology (OAT) dan nitrit corrosion inhibitor, untuk proteksi terhadap bahaya korosi pada mesin dan sistem pendingin.

GreenCool 200 juga merupakan radiator coolant bertipe extended life dan mengandung OAT. Bedanya, GreenCool 200 ini berbasis prophylen glcol dan tidak mengandung nitrit, nitrat, pospat, serta silikat, sehingga aman dan efektif dalam melindungi mesin heavy & light duty.

GreenCool 488 merupakan water based environmental friendly radiator coolant. Dirancang khusus untuk sistem pendingin heavy duty yang tidak memerlukan sifat anti beku. Mengandung inhibitor korosi OAT, serta anti kerak dan pencegah fouling untuk menjaga kinerja optimal sistem pendingin siklus tertutup.

3. Problem: Tumpahan Minyak di Lantai dan Perairan

Problem yang umum terjadi dalam industri tambang batu bara ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan risiko kecelakaan. Minyak dapat tumpah dari mesin berat, kendaraan, atau infrastruktur penyimpanan. Dampaknya termasuk kerusakan ekosistem air, gangguan terhadap kehidupan fauna dan flora, serta potensi risiko kesehatan bagi manusia yang tinggal di sekitar area tersebut.

Pengelola tambang batu bara perlu memiliki persiapan penanganan darurat untuk mengtasi tumpahan minyak dengan cepat dan efektif.

Solusi: EonSpill 500, Absorbent

EonSpill 500 adalah produk solusi untuk mengatasi tumpahan minyak di laut. Bekerja dengan cara mendispersi dan mempertahankan dispersi minyak baik di air tawar maupun laut. Memiliki toksisitas yang sangat rendah, sehingga aman untuk ekosistem. EonSpill 500 terbukti sangat efektif.

Absorbent merupakan produk solusi untuk mengatasi tumpahan minyak di lantai. Eonchemicals memiliki berbagai jenis absorbent yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan lapangan di industri Anda. Silakan konsultasikan dengan tim kami via WA sekarang.

4. Problem: Pencucian Spare Part

Pencucian spare part dalam industri tambang batu bara ditujukan untuk menjaga keandalan dan umur pakai peralatan. Dapat menjadi masalah serius jika dalam pemilihan bahan kimia pembersih tidak tepat.

Penggunaan bahan kimia pembersih atau cleaning chemical yang tidak tepat dan proses pencucian yang tidak terkelola dengan baik menyebabkan hasil pencucian tidak optimal. Lebih lanjut dapat mempengaruhi kualitas dan kinerja spare part, meningkatkan risiko kegagalan atau kerusakan peralatan.

Solusi: EonSolv 135, Alklin 220

EonSolv 135 adalah general cleaning degreaser yang jernih, ideal untuk maintenance cleaning umum, industri tambang batubara, makanan dan minuman, otomotif, maritim, dan transportasi. Produk ini efektif menghilangkan gemuk, lem, minyak pelumas  dan kotoran lain dari permukaan logam dan material lainnya.

Alklin 220 merupakan cleaner chemical yang direkomendasikan untuk solusi pada mesin pembersih otomatis yang Anda gunakan. Dengan daya bersih yang sangat baik dan busa yang minimal, proses pencucian part dengan mesin menjadi lebih efektif. Produk ini mudah larut dan tidak meninggalkan residu, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

5. Problem: Lantai dan Marka Lantai Workshop

Lantai dan marka lantai workshop dalam industri tambang batu bara menghadapi berbagai tantangan yang dapat mempengaruhi keselamatan dan efisiensi operasional. Lantai workshop sering terpapar kotoran seperti oli, grease, bahan kimia dan debu batubara.

Fenomena ini dapat membuat permukaan menjadi licin dan meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Selain itu, tanda-tanda marka lantai yang digunakan untuk mengatur alur kerja, area penyimpanan, dan zona aman sering kali memudar atau rusak akibat lalu lintas alat berat dan aktivitas sehari-hari.

Kerusakan atau hilangnya marka lantai dapat menyebabkan kebingungan, kesalahan operasional, dan potensi kecelakaan.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pemakaian coating yang tepat.

Solusi: EonCoat 551

Merupakan coating epoksi anti karat dua komponen yang sangat efektif untuk cat lantai workshop dan markanya. Setelah curing, produk ini membentuk lapisan sangat keras yang tahan benturan, tahan oli & grease, serta tahan berbagai jenis bahan kimia.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA