Beranda » Solusi » Exploration Drilling

Exploration Drilling

Solusi

Exploration drilling pada tambang batu bara adalah proses pengeboran untuk mengeksplorasi dan menilai kandungan batu bara di bawah tanah. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data geologi mengenai lokasi, kualitas, dan kuantitas cadangan batu bara.

Proses ini melibatkan pengeboran lubang di area yang diidentifikasi melalui survei, serta pengambilan dan analisis sampel batu bara. Data yang diperoleh membantu dalam perencanaan tambang dan evaluasi ekonomi proyek, memastikan bahwa operasi penambangan akan efisien dan berkelanjutan.

Beberapa problem yang sering terjadi di unit ini dan solusi dari Eonchemiclas meliputi:

1. Problem: Kestabilan Lubang Bor

Masalah kestabilan lubang bor merupakan tantangan signifikan dalam pengeboran eksplorasi, terutama di tambang batu bara. Lubang bor yang tidak stabil dapat runtuh atau menyempit, menghambat proses pengeboran dan pengambilan sampel.

Kondisi geologi yang heterogen, tekanan tanah yang tinggi, dan adanya air bawah tanah dapat menyebabkan dinding lubang bor menjadi tidak stabil.

Ketidakstabilan ini tidak hanya meningkatkan biaya dan waktu pengeboran, tetapi juga menimbulkan risiko keselamatan bagi pekerja dan peralatan.

Solusi: EonMud CRP

Produk solusi ini merupakan core recovery polymer, yaitu suatu polimer dengan berat molekul tinggi dalam bentuk bubuk. Khusus dikembangkan untuk viscosifier pengeboran inti dan penstabil lubang bor. Dengan membentuk lapisan pada dinding sumur, polimer ini berfungsi untuk mencegah runtuhnya dinding sumur dan menjaga stabilitas lubang bor selama proses pengeboran.

Lapisan yang dibentuk oleh polimer ini juga mencegah runtuhnya lapisan formasi, memastikan integritas struktur geologi di sekitar lubang bor. Dengan demikian, produk ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pengeboran tetapi juga mengurangi risiko kerusakan peralatan dan kecelakaan. Penggunaan polimer ini menjadi solusi penting untuk mengatasi masalah kestabilan lubang bor dalam pengeboran eksplorasi, terutama di tambang batu bara.

2. Problem: Adanya Cutting di lubang Bor

Adanya cutting atau potongan batuan dan tanah di lubang bor merupakan masalah umum dalam pengeboran eksplorasi. Cutting yang tidak terangkut dengan baik dapat menumpuk di dalam lubang bor, menghambat aliran cairan pengeboran dan menyebabkan tersumbatnya alat pengeboran.

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan efisiensi pengeboran, peningkatan waktu pengeboran, dan risiko kerusakan peralatan. Mengelola dan membersihkan cutting dengan efektif sangat penting untuk menjaga kelancaran operasi pengeboran.

Solusi: EonFoamer W102

Produk solusi ini berupa foaming Agent, bahan kimia pembentuk busa yang diformulasikan khusus untuk perawatan sumur. Produk ini mengandung anionic surface active agent, yang membuat larutan EonFoamer W102 mampu membentuk busa yang stabil dalam jumlah besar.

Busa yang dihasilkan EonFoamer W102 sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan cutting dari dalam lubang bor, sehingga memudahkan proses pembersihan dan pemeliharaan sumur.

Kemampuannya untuk menjaga stabilitas busa, memastikan bahwa cutting dan kotoran terangkat dengan efisien selama pembersihan sumur. Dengan penggunaan produk solusi ini, masalah penumpukan cutting di dalam lubang bor dapat diminimalkan, mengurangi risiko penyumbatan alat pengeboran dan meningkatkan efisiensi pengeboran.

Produk ini sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi pengeboran, memberikan solusi efektif untuk menjaga kebersihan dan kinerja lubang bor.

3. Problem: Corrosion dalam Sistem Fluida

Korosi dalam sistem fluida adalah masalah serius yang dapat mengakibatkan kerusakan pada pipa, pompa, dan peralatan lainnya. Korosi terjadi ketika bahan logam bereaksi dengan zat kimia dalam fluida, seperti air, oksigen, atau zat asam. Hal ini menyebabkan penipisan material, kebocoran, dan akhirnya kegagalan sistem.

Selain itu, partikel korosi yang terbawa oleh fluida dapat menyumbat dan merusak komponen sistem, meningkatkan biaya pemeliharaan dan downtime.

Solusi: EonCor D200, EonCor D224

EonCor D200 merupakan high foam corrosion inhibitor, bahan pencegah korosi ini diformulasikan khusus untuk sistem fluida dan bekerja dengan membentuk film pada permukaan logam, sehingga menurunkan potensi korosi seperti kerusakan logam dan pitting.

Produk ini sangat efektif dalam melindungi logam dari korosi yang disebabkan oleh karbon dioksida (CO2) dan asam organik atau anorganik. Dengan demikian, produk ini memastikan keandalan dan umur panjang sistem fluida, mengurangi biaya perawatan, dan meminimalkan risiko kegagalan sistem.

Sedangkan EonCor D224 merupakan less foam corrosion inhibitor, yang juga memiliki fungsi untuk solusi pencegahan korosi.

Silakan hubungi tim kami untuk menapatkan rekomendasi jenis corrosion inhibitor yang sesuai dengan kebutuhan lapangan Anda.

4. Problem: Kebocoran pada Zona Sirkulasi

Kebocoran ini terjadi ketika fluida pengeboran keluar dari zona sirkulasi yang seharusnya, mengakibatkan hilangnya tekanan dan efisiensi pengeboran. Kebocoran dapat disebabkan oleh retakan atau celah di formasi batuan yang dilalui oleh lubang bor.

Akibatnya, proses pengeboran menjadi terhambat, meningkatkan biaya operasional dan waktu pengeboran. Selain itu, kebocoran ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan jika fluida pengeboran tercemar masuk ke dalam air tanah atau ekosistem sekitarnya.

Solusi: EonDrill Swell

Merupakan lost circulation additive, sebagai solusi ideal untuk menutup zona sirkulasi yang hilang dan juga efektif untuk mengurangi getaran di lubang bor.

  • Tidak membahayakan lingkungan dan aman digunakan
  • Mudah diaplikasikan dan dicampur dengan bahan pengeboran lainnya, meningkatkan efisiensi operasional.

5. Problem: Lubrikasi pada Mata Bor

Tanpa lubrikasi yang memadai, mata bor akan cepat aus, mengurangi efisiensi pengeboran dan meningkatkan frekuensi penggantian alat. Hal ini tidak hanya meningkatkan biaya operasional, tetapi juga dapat menyebabkan downtime yang signifikan.

Selain itu, pelumasan yang tidak memadai dapat menyebabkan pemotongan yang tidak efektif dan risiko kerusakan pada formasi batuan di sekitar lubang bor.

Solusi: EonMud 310

Merupakan drilling fluid addictive, yang dirancang untuk mencegah mata bor dari kick, lost, dan aus. EonMud 310 memiliki fitur dan benefit sebagai berikut:

  • Membantu membersihkan dasar lubang bor dari serpihan dan kotoran, memastikan operasi pengeboran yang efisien
  • Efektif mengangkat cutting hasil bor ke permukaan, mencegah penumpukan yang dapat menghambat pengeboran
  • Menjaga keseimbangan tekanan formasi, mengurangi risiko blowout dan kick
  • Mendinginkan dan melumasi mata bor, sehingga memperpanjang umur bor dan meningkatkan efisiensi pengeboran

Menghambat dan mencegah korosi pada peralatan pengeboran, menjaga peralatan tetap dalam kondisi optimal.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA