Beranda » Artikel » Coating Surface Preparation untuk Hasil Terbaik

Coating Surface Preparation untuk Hasil Terbaik

coating surface preparation persiapan permukaan

Artikel

Coating surface preparation adalah tahap persiapan permukaan menjelang aplikasi coating. Tahap ini perlu mendapat perhatian serius karena merupakan faktor kunci keberhasilan dalam aplikasi coating. Tujuan persiapan permukaan adalah untuk membersihkan permukaan dan agar permukaan tidak licin sehingga performa coating lebih optimal dan tahan lama.

Membersihkan Permukaan
Permukaan benda yang akan dicoating harus bersih dari berbagai macam kotoran atau kontaminan seperti:
(1) Debu
(2) Grease, minyak, coolant, oli dan lainnya
(3) Rust & Scale
(4) Kontaminasi senyawa kimia, garam dll
(5) Air

Bagaimana cara membersihkannya? Baca pemaparan berikut ini untuk melakukan coating surface preparation yang baik.

1. Membersihkan Debu
Kontaminan debu dapat dibersihkan dengan menggunakan brushing, blow down udara atau vakum. Bisa juga menggunakan cleaner, misalnya water base cleaner.

2. Membersihkan Grease & Minyak
Grease & minyak dapat dihilangkan dengan cleaning chemicals atau solvent cleaning, atau pelarut seperti MEK, Xylene dan lainnya. Metode cleaning lainnya bisa menggunakan sabun, alkaline, emulsi atau steam.

3. Membersihkan Rust Scale
Oksida besi akan membentuk suatu endapan yang disebut rust scale atau rust deposit. Rust scale tersebut dapat menempel kuat pada permukaan sehingga akan mengganggu performa coating yang digunakan. Cara membersihkannya dengan menggunakan rust remover chemical.

4. Membersihkan Senyawa Kimia & Garam
Kontaminan senyawa kimia termasuk klorida, ion besi, sulfat dan nitrat ini menempel pada permukaan. Karena kontaminan tersebut dapat larut dalam air, maka untuk membersihkannya biasanya dengan water jetting yang menggunakan air bersih.

5. Membersihkan Kontaminan Air
Air adalah kontaminan yang sangat merusak karena dapat menyebabkan cat terkelupas. Air bisa berasal dari logam yang belum kering, kondensasi uap air dari udara, spray gun, atau dari produk coating. Cara membersihkannya sangat mudah, bisa menggunakan kain kering, dijemur atau disemprot dengan angin.

Penting! Untuk menghindari terjadinya kondensasi uap air dari udara, perlu dilakukan monitoring kondisi udara sebelum aplikasi coating.

  • Suhu udara dan kelembaban harus diukur untuk mengetahui terjadinya kondensasi air di udara pada permukaan
  • Suhu permukaan setidaknya 3oC lebih tinggi dari suhu kondensasi
  • Pengukuran dilakukan di area kerja
  • Pengukuran dilakukan sebelum memulai pekerjaan dan selama pekerjaan dengan interval setiap 4 jam
  • Untuk keperluan pengukuran di atas, gunakan Psychrometer

PsychrometerPsychrometer dapat digunakan untuk mengukur suhu udara, suhu permukaan, kelembaban udara, dew point (titik embun) dan perbedaan antara suhu permukaan dan suhu titik embun.

Untuk melakukan surface preparation memang perlu tambahan biaya, tapi hasil aplikasi coatingnya lebih sempurna dan lebih awet. Dengan demikian, coating surface preparation yang baik sebenarnya akan menurunkan total cost.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.