Beranda » Artikel » Pembersihan Kerak Susu yang Menggambarkan Parameter Cleaning

Pembersihan Kerak Susu yang Menggambarkan Parameter Cleaning

pembersih kerak susu

Artikel

Proses pembersihan kerak susu pada gelas atau panci ada berbagai cara yang dapat ditempuh. Anda dapat melihat bagaimana cara yang paling efektif. Pada proses pembersihan ini dapat memberikan gambaran bagaimana 4 parameter cleaning mempengaruhi pembersihan pada proses clean in place (CIP). Berikut ini 2 contoh cara pembersihan kerak susu:

pembersihan kerak susu dalam gelas
Kerak susu dalam gelas

Contoh 1
Ada dua gelas susu (A dan B) yang mengandung kerak susu tipis. Percobaan pertama, gelas A dibersihkan segera, sedangkan kerak susu dalam gelas B dibiarkan mengering pada permukaan gelas. Selanjutnya membilas gelas A dengan air. Pengaruh parameter cleaning dari kimia, suhu dan waktu sangat kecil. Faktor yang paling berperan untuk menghilangkan kerak susu tersebut adalah gaya mekanis air.

Percobaan kedua, sebagai contoh efek dari berbagai parameter cleaning dapat Anda perhatikan pada proses pembersihan kerak susu gelas B sebaga berikut:

  • Awalnya, penyikatan dilakukan pada kerak susu ini sebagai gaya mekanis secara fisik. Langkah pertama ini tidak berhasil.
  • Kedua, bahan kimia (deterjen) dingin dimasukkan ke dalam gelas dan diberi waktu untuk penetrasi melepaskan kotoran dari permukaan. Kemudian penyikatan dilakukan untuk menghilangkan kerak susu. Langkah kedua ini masih tidak berhasil.
  • Terakhir, deterjen panas dimasukkan ke dalam gelas dan diberi waktu untuk penetrasi ke kerak susu tersebut dari permukaan, kemudian dilakukan penyikatan kerak susu. Cara terakhir inilah, deterjen dan kehangatan telah cukup mengurai sedikit kerak susu kemudian ditambah lagi dengan gaya mekanis semakin menyempurnakan proses menghilangkan kerak susu tersebut.
cara membersihkan kerak susu

Contoh 2
Susu dipanaskan dalam panci di atas api kompor, kerak susu akan terbentuk. Untuk menghilangkan kerak susu tersebut, dilakukan beberapa percobaan.

Percobaan pertama, detergen dingin dimasukkan ke dalam panci, kemudian disikat untuk menghilangkan kerak susu tesebut. Ternyata hanya sebagian kecil kerak susu yang terangkat dari perlakuan tersebut. Hal ini karena gaya koheren yang menahan kerak susu berikatan bersama, lebih kecil dibanding gaya rekat antara kerak susu dengan permukaan panci.

Percobaan kedua, kompor dinyalakan sehingga suhu detergen menjadi panas. Jika Anda tunggu cukup lama pemanasannya, kerak susu tersebut akan terlepas dengan sendirinya karena gaya konveksi natural dari air. Namun jika pemanasannya lebih sebentar, Anda dapat membersihkan kerak susu tersebut dengan bantuan sedikit penyikatan.

Contoh 1 & 2 menunjukkan bahwa keempat parameter dibutuhkan untuk melakukan pembersihan yang efektif, yaitu: temperatur, cleaning chemicals atau bahan kimia pembersih, waktu kontak dan gaya mekanis. Temperatur, bahan kimia pembersih (sabun) dan waktu dapat melepaskan kotoran dari permukaan sampai gaya adhesive lebih kecil dari gaya yang diberikan pada antarmuka kotoran-cairan CIP.

Untuk pembersihan di luar sistem atau cleaning out of place (COP), kontak fisik gaya mekanik dapat digunakan untuk menghasilkan kekuatan gaya yang relatif tinggi. Untuk pembersihan di dalam atau cleaning in place (CIP), aliran pergerakan fluida di dalam sistem alat inilah yang menghasilkan kekuatan gaya yang relatif rendah (sekitar 1.5 m/s dalam pipa 2 inch, kira-kira 3 kali lipat lebih kecil dari kain di permukaan).

Keempat parameter tersebut akan dilihat sebagai kontribusi energi. Untuk kotoran ringan, total energinya lebih kecil. Misalnya pembersihan kerak susu dalam gelas. Kotoran yang lebih berat misalnya kerak susu dalam panci. Semua parameter cleaning harus digunakan untuk membersihkan kotoran yang lebih efektif. Besaran setiap parameter yang diperlukan untuk pembersihan akan tinggi atau rendah dengan mempertimbangkan karakter pengotor, kondisi dan juga topografi permukaan.

Untuk diskusi lebih lanjut mengenai parameter cleaning pada pembersihan sistem CIP, dapat menghubungi kami atau chat dengan kllik tomobl WA yang tersedia.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.