Beranda » Artikel » Pengukuran Viskositas Coating

Pengukuran Viskositas Coating

pengukuran kekentalan cat

Artikel

Sudah baca proses coating inspection sebelumnya? Nah, sekarang kita bahas tentang pengukuran viskositas (kekentalan) coating. Ini sering dilakukan untuk menyesuaikan peralatan aplikasi coating yang akan digunakan. Viskositas juga menjadi dasar quality control untuk kesesuaian produk coating yang diterima dengan informasi pada lembar teknikal data produk coating. Mengetahui nilai viskositas coating berguna untuk menghitung berapa banyak penambahan pelarut (solvent) ke dalam coating jika diperlukan.

Menyesuaikan dengan aplikasi coating yang dilakukan di lapangan, metode pengukuran kekentalan coating biasanya dengan viskometer flow cup. Beberapa jenis viscometer flow cup yang sering ditemui antara lain adalah:

  • DIN Cup (DIN 53.211)
  • FORD Cup (ASTM D1200)
  • ZAHN Cup (ASTM D4212)
  • NK Cup
alat ukur viskositas
Beberapa jenis viscometer flow cup

Prinsip pengukuran viskositas secara pengaliran dari viscometer flow cup didasarkan pada penentuan waktu berakhirnya volume tertentu dari cairan pengujian (larutan coating) melalui nozzle berukuran tertentu. Setiap peralatan viscometer flow cup ini memiliki jenis-jenis yang berbeda lagi. Contohnya viscometer DIN cup terdapat jenis DIN cup 2, DIN cup 4, ataupun DIN cup 8. Angka 2, 4, dan 8 pada jenis DIN cup ini menandakan ukuran diameter lubang nozzle keluaran coating (dalam mm). Ukuran diameter lubang nozzle ini pada setiap tipe viscometer flow cup tentunya berbeda juga sesuai standar masing-masing alat.

tabel viscometer
Tabel ukuran diameter lubang nozzle viscometer flow cup

Peralatan lain yang digunakan bersamaan dengan viscometer flow cup yaitu thermo gun dan stopwatch. Thermo gun digunakan untuk mengetahui temperatur coating pada saat mengukur kekentalan. Setelah viskometer flow cup terisi penuh coating, stopwatch digunakan untuk mengukur nilai waktu dari coating mengalir keluar lubang nozzle hingga aliran coating putus. Pemantauan temperatur penting dilakukan, karena perbedaan temperatur bisa mempengaruhi nilai viskositas coating.

Berikut adalah ilustrasi proses pengukuran viskositas coating dengan viscometer flow cup dan cara penulisannya dalam lembar data teknik. Oya, Eonchemicals juga memberikan solusi pelumasan lho! Silakan simak artikel Ciri Pelumas yang Bagus di situs ini yah…

mengukur kekentalan cat
Proses pengukuran viskositas coating
cara penulisan data viskositas
Penulisan tepat hasil ukur viskositas coating

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang pengukuran viskositas coating / cat silakan hubungi kami, atau chat dengan klik tombol WhatsApp.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.