Beranda » Artikel » Aplikasi Coating Terbaik dengan Memahami Isi Technical Data Sheet / TDS Coating

Aplikasi Coating Terbaik dengan Memahami Isi Technical Data Sheet / TDS Coating

Artikel

Technical Data Sheet (TDS) atau lembar teknikal data produk coating merupakan hal utama yang penting diperhatikan untuk mengetahui spesifikasi dan cara aplikasi coating terbaik untuk mendapatkan hasil yang optimal. TDS coating berisi rekomendasi pemakaian produk mulai dari gambaran kebutuhan coating yang diperlukan, pencampuran coating, hingga rekomendasi ketebalan coating pada saat aplikasi. Dengan mengetahui data TDS coating, kita bisa mengatur perencanaan dan peralatan aplikasi yang lebih sesuai.

Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik silakan ikuti panduan memahami isi TDS coating di bawah ini:

brosur tds coating dan aplikasi coating
Contoh brosur / technical data sheet (TDS) produk coating

Brosur produk coating berisi deskripsi tentang produk, keunggulan, manfaat, data teknik, hingga rekomendasi cara aplikasi coating / coating application. Mari kita coba jabarkan satu persatu bagian technical data yang terdapat pada TDS coating.

info aplikasi coating pada tds coating
Informasi yang terdapat pada TDS coating

Umumnya data yang terdapat pada TDS coating dapat dikelompokkan dalam 5 bagian :

  1. Karakteristik coating
    Merupakan indikator awal yang digunakan untuk mengecek kesesuaian produk coating yang diterima dengan spesifikasi teknisnya. Memberikan informasi tentang tampilan, warna, specific gravity, viskositas dan juga volume solid dari produk coating.
pengecekan viskositas coating
Pengecekan viskositas produk coating
  1. Rekomendasi ketebalan dan coverage area aplikasi coating
    Setiap jenis coating memiliki standar ketebalan aplikasi yang optimal untuk dilakukan. Cara pemakaian coating di luar rekomendasi ketebalan yang diberikan, dapat mengakibatkan kegagalan yang merugikan. Contoh kegagalan coating application misalnya bagian bawah coating lembek atau tidak mengering akibat pemakaian coating terlalu tebal atau tidak seluruh bagian permukaan substrat terlapisi coating.

    Pada bagian ini juga diberikan gambaran jumlah coating yang dibutuhkan untuk mengcover luasan area tertentu. Dengan demikikian bisa diprediksi berapa banyak jumlah coating yang akan digunakan pada satu project coating yang akan dilakukan.
  2. Rasio pencampuran
    Beberapa jenis coating membutuhkan campuran hardener untuk bereaksi dan mengering. Data ini menunjukkan perbandingan tepat pencampuran agar coating bisa digunakan dan juga persen pencampuran solvent atau thinner yang bisa ditambahkan untuk disesuaikan dengan peralatan coating yang digunakan.
pencampuran hardener dan solvent dalam aplikasi coating
Pencampuran hardener dan Solvent
  1. Waktu kering coating
    Berisi informasi waktu yang dibutuhkan coating untuk mencapai setiap tahapan keringnya setelah diaplikasikan.
  2. Coating interval dan pot life
    Bagian ini menginfokan berapa lama waktu coating bisa diaplikasikan sebelum mengering akibat bereaksi sempurna dengan hardener setelah dicampurkan. Pada pemakaian yang lebih dari satu lapisan, bagian ini juga memberikan informasi interval waktu yang tepat untuk coating bisa ditimpa lapisan coating selanjutnya.

Untuk informasi tentang teknik aplikasi coating atau TDS coating lebih lanjut, silakan hubungi kami.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.