Beranda » Artikel » Thread Compound Bestolife dan Prosedur Aplikasinya untuk Penyimpanan Pipa yang Aman

Thread Compound Bestolife dan Prosedur Aplikasinya untuk Penyimpanan Pipa yang Aman

thread compound bestolife indonesia

Artikel

Sudah tahu cara terbaik untuk aplikasi thread compound pada pipa sebelum penyimpanan jangka panjang yang direkomendasikan secara resmi oleh Bestolife? Berikut ini adalah 4 hal yang harus diperhatikan dengan seksama untuk hasil yang maksimal.

1. Kontrol Kondisi Proses
Berbagai kondisi proses yang dapat mempercepat terjadinya korosi dan terbentuknya lubang:

  • Komposisi dan jenis cutting fluid
  • Jenis cairan yang digunakan untuk hydrostatic test
  • Kontaminan seperti klorida dan sulfida dalam cairan proses
  • pH cairan proses dan pertumbuhan bakteri

Mengelola, memantau dan mengontrol faktor-faktor tersebut di atas sangatlah penting untuk memastikan penyimpanan jangka panjang berhasil dengan aman dan memuaskan.

2. Persiapan Permukaan
Sebelum aplikasi premium thread compound Bestolife, baik untuk penyimpanan secara eksklusif maupun sebagai senyawa “running”, pastikan semua permukaan bersih dan bebas dari kelembaban serta kontaminan. Korosi terjadi melalui proses elektrolitik yang melibatkan air dan ion yang larut seperti klorida, sulfida, sulfat dan ion lain yang berfungsi sebagai elektrolit.

Jika kontaminan ada pada permukaan ulir pipa sebelum aplikasi thread compound, kontaminan akan terjebak pada permukaan dan menyebabkan korosi. Perlu diingat, hanya mengeringkan permukaan dengan udara kompressor tidak cukup, karena kontaminan yang larut tetap ada meskipun kelembaban menguap.

Untuk menghilangkan kelembaban dan kontaminan, disarankan untuk menggunakan dewatering fluid atau corrosion inhibitor. Sebelum aplikasi thread compound Bestolife atau storage compound, jangan lupa bersihkan fluid / corrosion inhibitor tersebut.

3. Aplikasi
Perbedaan utama antara thread compound yang hanya untuk penyimpanan (storage) dan compound dengan kemampuan ganda/hybrid (untuk storage & running) terletak pada viskositasnya. Storage compound lebih cair dibanding hybrid compound atau running compound.

Setelah diaplikasikan, storage compound dengan mudah mengalir di sekitar permukaan ulir pipa dan di antara ruang kosong dari pelindung ulir yang dipasang. Pastikan aplikasinya merata di seluruh permukaan ulir. Pemasangan pelindung ulir biasanya mendorong compound dari pin, meninggalkan celah yang dapat memungkinkan kelembaban meresap di antara pelindung dan permukaan ulir pipa pemboran.

Untuk memastikan distribusi compound merata dan dapat menghilangkan celah di sekitar pin, disarankan untuk memberikan sedikit compound di bagian dalam pelindung pin sebelum pemasangan. Hal ini akan memaksa compound untuk menyebar ke dalam pelindung ke dua arah saat dipasang. Idealnya, compound akan terdorong dari kedua ujung pelindung, menutupi pelindung dari kelembaban lingkungan dan mencegah air masuk di antara pelindung dan permukaan ulir.

Jika menggunakan thread compound dan tutup tes skrup untuk pengujian hidrostatik, bersihkan compound yang terkontaminasi dengan cairan uji hidrostatik dan bersihkan permukaan ulir seperti yang dijelaskan di atas sebelum aplikasi storage compound atau hybrid compound Bestolife.

Baca informasi tentang produk drilling compound Bestolife Zn 50 Thread Compound di situs ini untuk melengkapi referensi.

4. Pelindung Ulir Pipa
Pelindung ulir pipa yang terbuat dari logam dapat berpengaruh signifikan pada terjadinya korosi selama penyimpanan jangka panjang. Hal ini karena adanya beda potensial elektrolitik antara logam pelindung dan logam pipa.

Pelindung yang terbuat dari plastik atau campuran plastik-logam dapat menghilangkan masalah perbedaan potensial elektrolitik. Namun, pelindung ini tidak dapat mengelola ekspansi atau kontraksi akibat perubahan suhu secara efektif sehingga pelindung jenis ini pun berpengaruh pada terjadinya korosi.

Solusinya, storage thread compound Bestolife harus terdistribusi merata di seluruh permukaan kontak dan tidak sampai terhapus saat pemasangan tutup pelindung ulir. Sekaligus, compound harus memberikan segel positif untuk mencegah kelembaban di antara pelindung dan permukaan pipa, yang dapat menyebabkan korosi celah (crevice corrosion).

Hubungi kami, Eonchemicals selaku distributor resmi Betolife di Indonesia untuk konsultasi lebih lanjut.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.