Beranda » Artikel » Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Eonchemicals: Produk Kebanggaan Negeri

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Eonchemicals: Produk Kebanggaan Negeri

Tingkat Komponen Dalam Negeri

Artikel

Apa itu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)? Mengapa Eonchemicals konsen terhadap hal ini? Perlu diketahui, untuk memberdayakan industri dalam negeri pemerintah menerapkan program Peningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Setiap perusahaan didorong oleh pemerintah untuk terus meningkatkan penggunaan barang maupun jasa dari dalam negeri.

Baca artikel terkait tentang kimia untuk solusi industri baja di Indonesia. Apa saja masalah yang sering terjadi di industri baja dan bagaimana solusi kimia yang direkomendasikan.

Hal ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik dari penyedia dan pengguna barang atau jasa. Dukungan juga diperlukan dari perangkat hukum.

Beberapa peraturan telah dibuat dan mewajibkan penggunaan produk dalam negeri diantaranya oleh BUMN, BUMD, maupun swasta yang pembiayaannya berasal dari APBN, APBD dan atau melalui kerja sama antara pemerintah dengan swasta dan atau mengusahakan sumber daya yang dikuasai negara.

Pemerintah berharap pelaku di bidang industri dalam melaksanakan pengadaan barang, termasuk bahan kimia lebih mengutamakan produk dari dalam negeri. Maka dari itu, penilaian penawaran peserta pengadaan barang tidak hanya dari segi teknis dan harga, tapi juga dari tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang terkandung pada barang yang ditawarkan oleh penyedia barang tersebut.

Produk HSE Care Eonchemicals
Health, Safety, & Environment (HSE) adalah aspek yang sangat diperhatikan supaya para penggiat industri di lapangan dapat bekerja secara aman. Salah satu bahan kimia yang sangat erat dengan aspek HSE tersebut adalah oil spill dispersant dan fire fighting foam (fire foam concentrate). Bahan kimia ini pada umumnya bersifat wajib untuk disediakan di lapangan khususnya industri yang menyimpan BBM dalam tanki yang memiliki potensi terbakar, maupun yang proses kerjanya berpotensi terjadi tumpahan BBM di perairan.

PT Eonchemicals mendukung program pemerintah tersebut dengan sertifikasi produk oil spill dispersant (EonSpill) dan fire foam concentrate atau FireShield ke Kementrian Perindustian.

EonSpill memiliki kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 55,89%, sedangkan FireShield memiliki kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 62,59%. Adanya sertifikat TKDN dari Kementrian Perindustrian ini akan membantu bagi perusahaan yang sedang melakukan pengadaan bahan kimia tersebut.

Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan seputar kedua bahan kimia tersebut, silakan hubungi kami, perusahaan specialty kimia Indonesia yang mengutamakan solusi.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.