Beranda » Solusi » Kapal Tug Boat

Kapal Tug Boat

Problem Kapal Tug Boat

Solusi

Kapal tug boat adalah jenis kapal kecil yang memiliki tenaga mesin besar untuk menarik atau mendorong kapal lain, terutama di pelabuhan, sungai, atau kanal yang sempit. Tug boat digunakan untuk membantu manuver kapal-kapal besar yang sulit bergerak sendiri, seperti kapal kargo, kapal tanker, atau kapal pesiar, saat memasuki atau keluar dari pelabuhan.

Selain itu, tug boat juga sering digunakan dalam operasi penyelamatan laut dan untuk memindahkan tongkang yang tidak memiliki mesin penggerak sendiri. Keandalan dan kekuatan tug boat menjadikannya elemen penting dalam industri maritim.

Beberapa problem yang biasa terjadi dan solusinya yang perlu Anda ketahui:

1. Problem: Pencegahan Kebakaran

Fenomena spontaneous combustion atau terbakarnya batu bara secara spontan tentu dapat mendatangkan kerugian yang tidak sedikit. Selain merusak kapal dan muatannya, keselamatan para awak kapal juga terancam. Kebakaran ini dapat dicegah.

Solusi: CoalGuard 575

  • CoalGuard 575 merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk melapisi partikel-partikel batu bara, sehingga dapat mengurangi risiko kebakaran spontan
  • Penggunaannya cukup ekonomis, karena bisa diencerkan terlebih dahulu
  • Semprotkan secara langsung saat proses pencurahan batu bara dilakukan
  • Tidak beracun, tidak korosif, dan biodegradable
  • Merupakan solusi yang komprehensif dari Eonchemicals untuk Anda

2. Problem: Pemadaman Kebakaran

Kebakaran harus segera dipadamkan. Kegagalan dalam penanganan kebakaran yang efektif dapat memperbesar kerugian. Eonchemicals memiliki produk solusi yang tepat untuk membantu mengatasi masalah ini.

Solusi: FireShield 105

Bahan kimia pembentuk busa yang memiliki fungsi untuk memadamkan kebakaran, dengan fitur dan benefit berikut ini:

  • Dapat menghasilkan selimut busa dengan kualitas yang baik
  • Selimut busa yang terbentuk pada permukaan minyak dengan cepat memadamkan api
  • Busa yang dihasilkan FireShield 105 bersifat stabil dan sangat halus
  • Aplikasinya mudah, dan tidak beracun
  • Water based, biodegredable dan ramah lingkungan

3. Problem: Power Berkurang, Filter Tersumbat & Sering Diganti

Kombinasi problem yang sangat menghambat dan banyak menimbulkan kerugian. Sering terjadi pada mesin berbahan bakar solar. Partikel yang terdapat dalam solar menumpuk, sehingga filter bahan bakar tersumbat. Power pun tentu berkurang.

Solusi: EonFuel 708

EonFuel 708 adalah aditif multi guna yang mampu bertindak sebagai dispersant bahan bakar, pembersih injektor, dan peningkat cetane. Formula ini dirancang khusus sebagai solusi komprehensif untuk mesin diesel, mengatasi berbagai masalah umum yang sering dihadapi.

EonFuel 708 mampu menurunkan partikel dalam solar hingga lebih dari 50%, mencegah penyumbatan fuel filter solar. Karena itu, mesin dapat beroperasi lebih efisien dan dengan lebih sedikit gangguan yang disebabkan oleh partikel-partikel kotor dalam bahan bakar.

Selain itu, EonFuel 708 juga dapat meningkatkan angka cetane sebesar 1-3 poin dan membersihkan deposit pada injektor. Sangat membantu untuk memulihkan kembali power mesin yang melemah, memastikan mesin diesel beroperasi pada performa optimalnya.

4. Problem: Urea Water untuk Mesin Kapal Euro 4/5

Urea water dipergunakan pada mesin kapal Euro 4/5 untuk meminimalkan emisi NOx, membantu kapal dlam terpenuhinya standar emisi Euro 4/5 dan mematuhi undang-undang lingkungan.

Selain itu, urea water berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi konsumsi bahan bakar dan ujungnya dapat mengurangi biaya operasional.

Solusi: EonRedox 325

EonRedox 325 dari Eonchemicals adalah produk lokal kebanggaan Indonesia, yang menunjukkan komitmen terhadap kualitas dan inovasi dalam negeri.

Produk ini memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan standar ISO/TS 22241-1:2019, memastikan kinerja yang andal dan konsisten.

Dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 77%, EonRedox 325 telah lulus uji di Laboratorium Intertek di Singapura, menegaskan keunggulannya di pasar internasional.

5. Problem: Pembersihan Kapal (Lengket)

Jika release atau pelepasan material muatan kapal Anda terganggu karene lengket, Anda perlu tambahan waktu dan tenaga untuk membersihkannya. Anda bisa mencegahnya dengan satu langkah praktis sesuai solusi yang Eonchemicals sarankan di bawan ini.

Solusi: EonReleaser 207

EonRelease 207 adalah chemical unik, yaitu bahan kimia yang berfungsi untuk mengurangi penempelan material tambang pada permukaan kapal. Dengan menggunakan produk ini, proses pemindahan material tambang menjadi lebih mudah dan tuntas karena tidak banyak menempel pada wadah semula.

Aplikasi EonRelease 207 cukup sederhana, hanya dengan menyemprotkannya ke permukaan kapal. Produk chemical unik ini aman untuk dipergunakan pada permukaan logam, kayu, dan karet, serta sangat cocok untuk kapal yang mengangkut material tambang.

Lapisan anti lengket yang terbentuk pada permukaan wadah dapat mengurangi sisa material tambang secara signifikan. Waktu pemindahan dan pembersihan pun akan lebih cepat. Produk ini biodegradable dan ramah lingkungan.

6. Problem: Tumpahan Minyak di Laut

Masalah ini menyebabkan kerusakan lingkungan yang perlu ditangani segera. Solusi yang tepat dan cepat sangat dibutuhkan untuk mencegah dampak buruk yang lebih besar dan luas.

Tanpa penanganan segera, kerusakan lingkungan ini bisa berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, intervensi cepat dan efektif sangat diperlukan untuk mengatasi situasi ini.

Solusi: EonSpill 257

EonSpill 257 adalah dispersan tumpahan minyak (OSD) yang dirancang untuk menangani tumpahan minyak di perairan darat dan laut.

Produk ini memiliki toksisitas sangat rendah terhadap ikan, binatang laut, dan tanaman pantai, sehingga aman digunakan di lingkungan alami.

Dengan efektivitas tinggi dalam mengatasi berbagai jenis tumpahan minyak, EonSpill 257 menjadi pilihan tepat untuk menangani insiden tumpahan minyak dengan dampak negatif minimal terhadap ekosistem.

7. Problem: Tumpahan Minyak di Kapal

Tumpahan minyak di kapal dapat menghambat aktivitas para pekerja, mengurangi tingkat keamanan dan kenyamanan, serta merusak lingkungan. Untuk mengembalikan kelancaran operasional dan mencegah dampak negatif yang lebih kompleks, diperlukan tindakan solutif yang efektif.

Penanganan yang tepat terhadap tumpahan minyak tidak hanya memulihkan operasional kapal, tetapi juga mencegah kerusakan lingkungan yang lebih parah. Solusi yang cepat dan efisien sangat penting untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

Solusi: Spill Kit Series

Spill Kit merupakan seperangkat peralatan yang perlu Anda siapkan untuk mengatasi tumpahan minyak, oli, limbah dan lain-lain. Seperangkat alat ini efektif dalam memulihkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Spill kit dari Eonchemicals dilengkapi dengan berbagai jenis absorbent, perlengkapan keselamatan seperti sarung tangan dan kacamata, serta tempat untuk pembuangan absorbent bekas pakai (limbah).

Eonchemicals menawarkan berbagai macam seri spill kit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Silakan chat WA kami untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi seri spill kit yang paling sesuai untuk Anda.

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA